:
:
News
Jelang Pulang Ke Tanah Air, PPIH Ajak Jemaah Haji Gelombang 2 Jaga Kesehatan

gomuslim.co.id - Sebagian jamaah haji gelombang kedua telah meninggalkan kota Madinah menuju tanah air sejak tanggal 30 Agustus yang lalu dan sebagian lagi masih berada di kota Madinah.

Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daker Madinah senantiasa berupaya agar para jamaah haji dapat menjaga kebugaran menjelang waktu kepulangan mereka ke tanah air, demikian rilis Kemenag pada Rabu (4/9/2019).

Seperti terlihat di sektor 5 Madinah, tepatnya di halaman hotel Syarif Al-Masi, Selasa (3/9) pagi Waktu Arab Saudi (WAS). Tepat pukul 06.30 WAS para jamaah yang berasal dari embarkasi Medan kloter 12 (MES 12) melakukan Gerakan Tiga Sehat.

 

Baca juga:

Terkait Santunan, Kemenag Belum Hubungi Korban Crane di Arab Saudi

 

Kepala Sektor 5 Madinah Khalilurrahman mengatakan, gerakan tiga sehat yang dicanangkan olehnya, meliputi gerakan senam kebugaran, gerakan berkacamata bersama dan gerakan minum air mineral.

Alhamdulillah, sudah tiga kali kita lakukan gerakan ini, dan ini kita laksanakan di Hotel Syarif Al-Masi dengan jemaah dari kloter MES 12,” ujar Khalilurrahman.

Ia menambahkan, gerakan ini, dilaksanakan agar jamaah haji Indonesia yang akan dipulangkan dari Madinah senantiasa sehat, bugar sehingga ketika mereka kembali ke tanah air dalam keadaan sehat. Sehingga nanti setibanya di kampung halaman, para jamaah haji bisa bersilaturahmi dengan kerabat dan handai taulan.

Menurutnya, dua kegiatan serupa, sebelumnya telah diikuti oleh jamaah haji gelombang pertama, yakni jemaah dari kloter JKG 20 dan jemaah haji gelombang dua kloter JKS 45.”

Sambungnya bahwa dikarenakan peserta senam kali ini adalah jemaah dari embarkasi Medan, maka senam kebugaran dinamai dengan Senam Horas Medan.

“Sedangkan gerakan berkaca mata hitam merupakan salah satu bentuk perlindungan diri untuk jamaah yang perlu digalakkan,” ujarnya. (hmz/rilis/kemenag)

 

Baca juga:

Bus Shalawat Layani 296.292 Trip pada Musim Haji 2019

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store