:
:
News
160 Pelajar Hafidz Qur’an Asal Pekalongan Terima Beasiswa dari BAZNAS

gomuslim.co.id - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kota Pekalongan melakukan pentasarufan zakat dalam bentuk beasiswa kepada 160 pelajar di Kota Pekalongan yang berasal dari tingkat SD, SMP hingga SMA. Penyerahan beasiswa dilakukan oleh Wakil Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid di Kantor Baznas Kota Pekalongan, kemarin.

160 pelajar yang menerima beasiswa tersebut merupakan pelajar yang telah lolos seleksi dari Baznas. Salah satu bentuk seleksinya yakni mereka dapat menghafal sejumlah surat di dalam Alquran.

Ketua Baznas Kota Pekalongan, Imam Suradji mengungkapkan, ada beberapa kriteria yang ditetapkan Baznas dalam melakukan seleksi calon penerima beasiswa.

“Dalam seleksi, Baznas memilih siswa kurang mampu yang lolos seleksi hafalan berbagai surat Alquran. Seleksi harus ketat dilakukan agar bantuan tepat sasaran. Selain siswa kurang mampu, kami juga mengharuskan pelajar hafal sejumlah surat dalam Alquran,” papar Imam.

 

Baca juga:

Siapkan Bantuan Kemanusiaan ke Papua, BAZNAS Gandeng TNI

 

Dia menambahkan, ada peningkatan besaran beasiswa yang diberikan tahun ini. Tahun lalu untuk tingkat SD dapat Rp 350 ribu, tahun ini menjadi Rp750 ribu. Sedangkan tingkat SMP yang awalnya Rp500 ribu tahun ini menjadi Rp1 juta.

“Untuk tingkatan SMA yang awalnya Rp800 ribu menjadi Rp1,5 juta,” tambahnya.

160 pelajar yang menerima beasiswa, terdiri dari tingkat SMA sebanyak 36 siswa, tingkat SMP sebanyak 31 orang dan tingkat SD sebanyak 93 siswa. Mereka mendapatkan bantuan satu tahun sekali.

Sementara Wakil Walikota Pekalongan, A Afzan Arslan Djunaid berharap bantuan pendidikan ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar dengan sebaik-baiknya. Menurutnya, terkadang ada perdebatan tentang penerimaan karena hanya beberapa siswa yang mendapat beasiswa. “Namun semua sudah mengikuti seleksi yang dilakukan oleh BAZNAS Kota Pekalongan melalui berbagai persyaratan,” tandas Afzan.

Afzan mengimbau agar masyarat turut mendukung pemberian beasiswa kepada para pelajar. “Walaupun nominalnya sedikit semoga bisa membantu para pelajar yang membutuhkan,” harap Afzan. (hmz/baznas)

 

 

Baca juga:

Kemenag Kabupaten Gresik dan BAZNAS Siap Bangun Kampung Zakat

Responsive image
Other Article
Responsive image