:
:
News
Kandang Qurban Catatkan Penjualan Hewan Kurban 661 Sapi dan 2800 Domba Tahun Ini

gomuslim.co.idMarketplace Kandang Qurban berhasil melayani penjualan hewan kurban sebanyak 661 ekor sapi dan 2800 ekor domba dan kambing untuk tahun ini. Bersama mitra peternak, layanan penjualan hewan kurban dilakukan di sembilan kota besar di Indonesia seperti Lampung, Jabodetabek, Bandung, Jogja, Surabaya, dan Samarinda.

Founder Kandang Qurban, Fajar Tawakal mengaku kaget melihat antusiasme masyarakat dalam belanja online yang sudah sangat besar. Untuk itu, tahun ini pihaknya bertekad untuk mengembangkan sayap yang lebih besar lagi.

“Alhamdulillah Kandang Qurban dan mitra berhasil melayani penjualan di 9 kota besar di Indonesia. Ke depannya, kami menargetkan untuk menambah kota lagi, mudah-mudahan bisa sampai 25 kota besar,” ujarnya saat ditemui gomuslim dalam acara Muslim Lifestyle Festival 2019 di Jakarta Convention Center (JCC), Ahad, (01/09/2019).

Untuk tahun depan, Kandang Qurban menargetkan jangkauan wilayah lebih luas. Fajar menyebut punya komitmen untuk melayani pemesanan di kota-kota besar lain seperti Medan, Palembang, Riau, Tasikmalaya, Cirebon, Semarang, Malang, Balikpapan, Banjarmasin, Makassar, Gorontalo, dan ke Maluku.

“Target kita, kota-kota yang memang potensi pasar onlinenya sudah baik. Selain wilayah, kita juga menargetkan mitra peternak bertambah. Kalau jumlah transaksinya tentu kita harapkan ingin naik lagi. Mudah-mudahan tahun depan sampai 1500 sapi,” katanya.

Kandang Qurban, kata dia, juga ingin memajukan kesejahteraan petani dan empowermentnya. Pihaknya mendorong untuk menaikkan brand dan peternakan mitra agar bisa dilakukan digitalisasi dalam penjualan.

“Ke depannya kami ingin membina mitra peternak seperti yang kami lakukan di Indonesia timur di Kupang, di NTB, di Jawa Timur. Selain setelah marketnya kita bantu, kita bantu juga di manajemen kandangnya agar lebih baik lagi,” ungkapnya.   

 

Baca juga:

Jual Hewan Kurban Kualitas Terbaik, Ini Daftar Harga di Kandang Qurban

 

Persiapan Kurban lewat Program Salam Qurban

Untuk membantu umat mempersiapkan kurban tahun depan, Kandang Qurban menghadirkan program unggulan Salam Qurban. Program ini menyiapkan hewan kurban terbaik untuk para pekurban.

Akad yang digunakan dalam program jual beli ini adalah Salam, yaitu pemesanan hewan kurban dengan spesifikasi tertentu (jenis hewan, umur, dan kisaran bobot) serta waktu penyerahan yang telah disepakati melalui pembayaran secara cash di depan (ketika akad). Kelebihannya harga hewan lebih murah dari harga pasaran ketika mendekati Idul Adha.

“Kebutuhan kurban setiap tahun itu terus ada. Kebanyakan masyarakat beli hewan kurban itu ketika sudah ada hewan kurbannya. Padahal mereka biasanya sudah menyiapkan dana khusus untuk kurban. Keluhannya adalah harganya tinggi saat menjelang Idul Adha. Salam Qurban menjadi terobosan Kandang Qurban untuk memberikan pelayanan belanja hewan kurban lebih awal dengan harga yang lebih murah,” jelasnya.

Tahun lalu, kata dia, Kandang Qurban membuka akad salam dalam dua produk untuk domba dan kambing. Untuk kambing yang timbangan 36-40 biasanya diangka 3,8 juta.

“Dengan akad salam, kita hanya jual 2,99 juta jadi lebih hemat sekitar 900 ribu,” ujarnya.

Sementara untuk domba tidak bertanduk atau domba digul, dengan timbangan 27 sampai 30 kg, biasanya di angka 2,6 juta. Dengan akad salam, pihaknya menjual hanya 1,99 juta.  

“Kurban tahun ini kan Agustus, kita mulai jual itu di bulan Februari. Nah, untuk tahun depan, kita mulai jualan dari bulan September di acara Muslim Life Fest. Promo khusus kita buka akad salam untuk sapi dengan bobot 350 kg yang biasanya di pasaran 22-23 juta, kita hanya jual 16,5 juta. Berarti hemat sampai 6 juta rupiah,” paparnya.

Kandang Qurban akan mulai membuka akad salam untuk kambing dan domba pada bulan Januari tahun depan.

Menurutnya, persiapan kurban itu butuh proses mengingat yang disiapkan adalah makhluk hidup. Untuk sapi misalnya, secara fikih itu harus musinnah atau minimal 2 tahun. “Jadi persiapan kurban untuk sapi itu minimal 2 tahun, itu baru bisa dipanen. Untuk kambing, minimal 1 tahun sesuai musinnahnya. Untuk domba itu biasanya 6 bulan baru bisa kurban,” katanya. (jms)

 

 

Baca juga:

Kandang Qurban, Marketplace Penyedia Hewan Kurban Berkualitas Terbaik dari Peternak Lokal

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store