:
:
News
Otoritas Makkah Siapkan Layanan Transportasi Bus Pintar

gomuslim.co.id - Makkah Region Development Authority (MRDA) atau Otoritas Pengembangan Wilayah Makkah mengumumkan proyek angkutan umum untuk Kota Makkah dan Tempat-Tempat Suci berjalan sesuai rencana. Proyek tersebut berjalan berkat koordinasi dengan Komisi Kerajaan.

Fase pertama, proyek sedang dilaksanakan melalui beberapa kontrak. Misalnya konrak dengan perusahaan TIK Jepang NEC Corp yang memperkenalkan sistem transportasi bus pintar dan transportasi lain untuk melayani jemaah.

“NEC Corp. akan mulai memperkenalkan sistem pintar pada 400 bus pada tahun 2020. Targetnya selama lima tahun ke depan, sistem pintar mencapai 2.000 bus,” demikian seperti dilansir dari publikasi Arab News, Selasa, (27/08/2019).

Proyek ini sendiri sudah mendapat dukungan dari Gubernur Makkah Pangeran Khalid bin Faisal dan sedang ditindaklanjuti oleh wakilnya, Pangeran Badr bin Sultan, untuk menyediakan transportasi yang nyaman bagi para peziarah.

Pekerjaan infrastruktur sedang dilakukan melalui kontraktor lain. Beberapa diantaranya seperti stasiun utama, tempat berhenti, jalur khusus, jembatan pejalan kaki, sistem kontrol lampu lalu lintas dan lampu pejalan kaki.

 

Baca juga:

Proyek Perluasan Halaman Masjidil Haram Hampir Rampung

 

Proyek ini akan meningkatkan layanan transportasi Makkah karena efek positifnya pada kualitas hidup dengan memfasilitasi pergerakan penduduk kota dan jemaah.

Jaringan transportasi umum memiliki 12 jalur yang mencakup sebagian besar wilayah kota. 400 bus buatan Jerman disiapkan guna memberikan kenyamanan, efisiensi, dan layanan terbaik untuk masyarakat.

Bus ini juga dilengkapi dengan sistem transportasi pintar terbaru yang memungkinkan pusat komando dan kontrol untuk menemukan bus melalui GPS dan mengelolanya dari jarak jauh. Selain itu, transportasi ini juga dilengkapi dengan standar keselamatan dan keamanan tinggi melalui sistem pengawasan kamera, sistem perlindungan kecelakaan, sistem pemadam kebakaran mandiri dan sistem alarm darurat.

Bus-bus tersebut juga menyediakan jaringan Wi-Fi, layar panduan perjalanan, sistem pembayaran multibahasa, sistem penghitungan penumpang otomatis, sistem informasi perjalanan instan dan sistem prioritas bus yang terhubung dengan sistem lampu lalu lintas. (jms/arabnews)

 

Baca juga:

Tambah Daya Tampung Jemaah Haji, Pemerintah Saudi Siap Pugar Gunung di Mina

Responsive image
Other Article
Responsive image