:
:
News
Ada 20.000 Muslim Amerika Serikat Laksanakan Ibadah Haji Tahun Ini

gomuslim.co.id - Jutaan umat Islam dari berbagai penjuru dunia datang ke Tanah Suci untuk melaksanakan ibadah haji setiap tahunnya. Tak terkecuali dari Amerika Serikat (AS). Negera Adi Kuasa itu tetap membuka pintu bagi warganya yang Islam menunaikan haji.

Berbeda dengan Indonesia sebagai negara pengirim jamaah haji terbesar di dunia, AS hanya mengirim sekira 20 ribu orang jamaah setiap tahun. Pengurusan pun tidak dilakukan pemerintah. Namun melalui agen perjalanan resmi. Salah satunya Dari El Salam.

Konsul Jenderal Amerika Serikat (AS) di Jeddah, Ryan M. Gilha mengatakan perkembangan Islam di Amerika Serikat sudah ada sejak abad ke-18 dan populasinya terus tumbuh. Dia tak tahu angka pastinya, tapi diperkirakan saat ini sekitar 5 sampai 6 juta Muslim di AS.

"Sejak abad ke-18 perkembangan umat Muslim di AS terus berkembang, Mereka berada di seluruh wilayah Amerika. Dengan berbagai berbagai latar belakang, seperti dari Indonesia, Asia. Adapula warga yang mungkin baru berpindah masuk Islam, bukan dari luar tapi warga Amerika sendiri. Angka pastinya tapi sekitar 5 sampai 6 juta orang," terang Ryan di Jeddah.

Di Amerika saat ini, kata Ryan sekitar 20 ribu orang yang mendaftar tiap tahun untuk melaksanakan haji. Angka ini mungkin lebih sedikit dari Indonesia yang mencapai sekitar 200 ribu. Tapi jumlah jemaah ini tergantung dengan yang mendaftar.Kakbah

"Kami memiliki 2 operator atau agen perjalan yang menawarkan jasa perjalanan ibadah haji. Selama masih ada yang mendaftar, operator tersebut akan melayani kepergian jemaah haji. Kami harap makin banyak yang pergi berhaji dari Amerika," ujar Ryan

Saat disinggung mengenai jumlah kuota yang dimiliki untuk jemaah haji Amerika, dia menjawab, karena Amerika bukan anggota Organisation Islamic Cooperation (OIC) atau Organisasi Konferensi Islam (OKI), maka kuota untuk Amerika sendiri tidak ada.

Tapi, jamaah yang kami kirimkan lebih berdasarkan kepada kapasitas pada agen perjalanan. Sekarang jemaah haji yang dikirim dari Amerika sekitar 20 ribu.

"Tidak ada kuota untuk Amerika, karena tidak semua negara merupakan anggota Organisation Islamic Cooperation (OIC). Jadi tidak ada kuota. Tapi jemaah yang kami kirimkan lebih berdasarkan kepada kapasitas pada agen perjalanan. Sekarang jemaah haji yang dikirim dari Amerika sekitar 20 ribu," jelasnya. (okezone/dbs)

 

Baca juga:

Ditjen PHU: Jemaah Haji 2019 Didominasi Lansia

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store