:
:
News
Sudah Bersertifikat Halal, Jamu Sido Muncul Ekspansi ke ASEAN

gomuslim.co.id - PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk fokus menggarap pasar di negara-negara Asia Tenggara. Perseroan menilai kawasan Asia Tenggara memiliki potensi yang cukup besar untuk pasar ekspor.

Beberapa negara di Asia Tenggara yang menjadi tujuan ekspor yaitu Filipina dan Malaysia. "Kita fokus di ASEAN khususnya Filipina dan Malaysia, ditambah Nigeria," kata Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat.

Irwan mengungkapkan, selain ketiga negara tersebut, negara lainnya yang masuk pipeline ekspor yaitu Myanmar, Vietnam dan Kamboja. Menurut Irwan, setiap negara memiliki potensi ekspor yang berbeda-beda.

 

Baca juga:

Ini Alasan Sido Muncul Baru Kantongi Sertifikat Halal

 

Secara total, Sido Muncul sudah melakukan ekspor ke-16 negara. Kontribusi penjualan ekspor tahun ini meningkat dari tahun lalu yang hanya dua persen menjadi enam persen.

Penjualan perseroan selama semester I 2019 mengalami kenaikan menjadi Rp 1,41 triliun. Penjualan tumbuh sebesar 11 persen dari Rp 1,27 triliun pada periode yang sama tahun 2018.

Segmen herbal dan supplement makanan merupakan kontributor penjualan terbesar dengan pertumbuhan 11 persen. Segmen healthy food dan beverages mengalami kenaikan pertumbuhan 8 persen. Sedangkan segmen farmasi tumbuh 22 persen.

PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul Tbk menyambut baik Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 31 Tahun 2019 Tentang Pelaksanaan atas UU Nomor 33 Tahun 2014. Sertifikasi halal dinilai penting untuk memastikan keanaman produk jamu maupun farmasi.

"Produk halal itu satu hal yang positif. Kami memandang bahwa kemungkinannya kalau tidak seperti itu produsen bisa salah," kata Irwan.

Tidak hanya sertifikasi halal, menurut Irwan, Sido Muncul juga melakukan tes terhadap semua batch mulai dari logam berat, pestisida, dan aflatoksin. Termasuk melakukan tes DNA dengan alat khusus. Dengan demikian, kemungkinan untuk sampai tercemar pun tidak ada. (nov/dbs/rep)

 

 

Baca juga:

PT Industri Jamu Sido Muncul Undang Direktur LPPOM MUI Lihat Proses Produksi Jamu

Responsive image
Other Article
Responsive image