:
:
News
Ditolak Cambridge, Remaja Muslim Ini Malah Dapat Beasiswa dari MIT AS

gomuslim.co.id – Prestasi muslim di berbagai Negara kian membanggakan. Salah satunya seperti kisah Mohammed Isuf Ahmed, remaja muslim asal Aldgate, London Timur. Dia baru saja mendapat tawaran beasiswa dari kampus ternama Massachusetts Institute of Technology (MIT).

Awalnya, Isuf Ahmed ditolak kampus Cambridge. Saat menerima surat penolakan, dia pikir mimpinya untuk belajar di universitas top telah berakhir. Namun, dua minggu kemudian Isuf menerima surat penerimaan dari dua universitas top dunia, Harvard dan Massachusetts Institute of Technology (MIT) di AS.

"Saya ditolak oleh Cambridge pada awal Januari dan saya patah hati. Impian saya untuk pergi ke universitas yang mengubah hidup, dan saya sejujurnya tidak berpikir saya akan masuk ke universitas AS jika saya tidak bisa masuk ke sini,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi IlmFeed, Senin (19/08/2019).

Tidak lama kemudian, surat dari MIT datang dan disusul surat dari Harvard. “Itu tidak bisa dipercaya, saya masih tidak percaya. Saya memilih MIT karena itu adalah universitas terbaik di dunia untuk teknik dirgantara," katanya.

Hal yang mengejutkan bagi Isuf, MIT menawarkan kepadanya beasiswa senilai £ 250.000 untuk belajar fisika dan teknik luar angkasa. Ia berharap, kisahnya ini bisa menginspirasi lebih banyak anak-anak East End yang berpikir tidak akan pernah masuk ke kampus-kampus impian untuk mendaftar.

“Saya sendiri terinspirasi oleh Tafsia Shikdar yang diterima di MIT pada 2017. Ini terjadi karena saya pergi ke Newham Collegiate Sixth Form. Kami memiliki formulir keenam yang sangat bagus di Newham, tetapi hanya satu yang dapat mengatakan bahwa mereka telah membantu siswa masuk ke universitas terbaik di Amerika,” ungkapnya.

 

Baca juga:

Khadijah Mellah, Hijaber Pertama di Arena Pacuan Kuda Inggris

 

Kepala Sekolah Newham Collegiate, Mouhssin Ismail mengucapkan selamat kepada Isuf Ahmed. Ia menyebut hal ini sebagai langkah awal dalam evolusi sekolahnya. “Siswa kami sekarang bisa melampaui universitas Russell Group, di luar Oxford dan Cambridge, di luar Inggris,” ucapnya.

Menurutnya, memiliki pilihan antara dua universitas terbaik di AS tidak hanya prestasi luar biasa bagi Mohammed Isuf Ahmed, tetapi juga merupakan penanda bagi setiap siswa di NCS tentang apa yang dapat dicapai.

Januari 2019 lalu, seorang siswa muda Muslim Inggris meraih beasiswa senilai £ 76.000 yang didambakan saat menghadiri Eton College yang bergengsi di London, Inggris. Acara ini dihadiri oleh Pangeran William dan Eddie Redmayne.

Selain itu, seorang siswa remaja Muslim kelas 12 memenangkan Beasiswa Schulich Leader senilai USD 100,000 untuk belajar Teknik Mekatronika di University of Waterloo pada bulan Juni. Mahasiswa Muslim Inggris lainnya yang menghadiri University of Kentucky dinobatkan sebagai Rhodes Scholar, salah satu beasiswa paling bergengsi di dunia. (jms/ilmfeed)

 

 

Baca juga:

Mundur dari Bollywood, Aktris Ini Ingin Lebih Dekat dengan Allah

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store