:
:
News
Pemkot Bekasi Imbau Panitia Kurban Tidak Gunakan Plastik Saat Distribusi Daging

gomuslim.co.id - Wacana untuk  mengurangi penggunaan plastik sudah digalakan di beberapa daerah di Indonesia salah satunya Kota Bekasi. Pemerintah Kota Bekasi meminta kepada seluruh panitia kurban untuk meminimalisir atau mengurangi penggunaan plastik saat pendistribusian hewan kurban saat idul adha pada Minggu, (11/08/2019) mendatang.

Hal tersebut diungkapkan Kustantinah selaku Pelaksana Harian (PLH) Kepada DLH Kota Bekasi saat ditemui di Gedung Pemerintah Kota Bekasi. “Pendistribusian daging hewan kurban bisa menggunakan wadah lain selain plastik,” Jumat (09/08/2019).

Menurutnya, penggunaan kantong plastik sebagai wadah pendistribusian daging kurban untuk menindaklanjuti Peraturan Nomor 21 Tahun 2016 tentang Pengurangan Penggunaan Kantong plastik di Kota Bekasi. ia juga menambahkan jika hal ini juga berlaku bagi perusahaan mikro yang ada di Kota Bekasi untuk menggunakan wadah ramah lingkungan.

Terkait hal ini, Ketua Umum Koalisi Kawal Lingkungan Hidup Indonesia (Kawali), Puput TD Putra, diharapkan masyarakat dapat menggunakan besek bambu atau kantong plastik ramah lingkungan yang mudah terurai dan berstandar.

 

Baca juga :

Persiapan Kurban, Pasar Jaya Masih Cari Pengusaha Besek Bambu ke Sejumlah Daerah

 

“Jika penggunaan kantong plastik konvensional ini masih dominan di tengah-tengah masyarakat, maka akan menambah masalah persampahan dimana sampah plastik ini butuh waktu cukup lama untuk terurai,” ujarnya.

Menurutnya, Undang-Undang Sampah Nomor 18 tahun 2008 juga mengharuskan semua sampah yang ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA) harus terurai di alam termasuk 15-20 persen sampah plastik. (waf/pemkotbks/dbs)

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store