:
:
News
Muslim Travelers, Pemkot Palembang Kembangkan Pariwisata Berbasis Film

gomuslim.co.id – Baru-baru ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Palembang berencana mengembangkan konsep pariwisata berbasis film. Pengembangan ini dilakukan bersama investor Palembang City of Dream. Dengan konsep itu diharapkan menjadi daya tarik wisatawan untuk datang ke kota berjulukan Empek-empek.

Walikota Palembang Harnojoyo menyambut baik rencana membangun pariwisata Palembang berbasis film. Membangun Pariwisata harus dilakukan dengan promosi yang baik.

“Promosi yang bagus itu termasuk melalui film ini. Apalagi Palembang memiliki potensi sejarah Kerajaan Sriwijaya yang dapat diekspose,” papar Harnojoyo saat menerima paparan dari konseptor sekaligus investor Palembang City of Dream, Alvin dan Ivan, di Rumah Dinas Walikota Palembang, Kamis (8/8/2019).

Harnojoyo mengatakan Palembang telah memiliki brand image di dunia, salah satunya Venesia dari Timur. Menurutnya, tinggal bagaimana membangun image tersebut agar menjadi daya tarik Pariwisata di Palembang.

“Saya dukung dan lebih cepat lebih baik. Secara teknis apa yang menjadi potensi untuk diekspose sebagai daya tarik wisata agar segera dilaksanakan,” katanya.

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Kini Paspor Indonesia Bebas Visa di 77 Negara

 

Alvin menjelaskan, Palembang memiliki tematik yang kuat yang masih tersembunyi dan perlu diangkat melalui sebuah film. Apalagi potensi yang dimiliki Palembang sangat banyak.

“Karena Palembang merupakan kota sungai, konsep yang dibangun adalah Asian River Film Park. Misalnya, di Pulau Kemaro dibangun sungai buatan, dan dibangun teknologi virtual sebagai pendukungnya,” ujarnya.

Menurutnya, banyak sekali wisata mancanegara yang melihat legenda sebagai tematik. Palembang sebagai East of Venesia menurutnya dapat dibangun konsep East of Atlantis River.

“Harapannya bisa menarik 1 juta pengunjung yang memiliki multiplier efek terhadap produk wisata lainnya. Singapura dengan Universal Studio-nya bisa menarik 5 juta wisatawan,” katanya.

Ke depannya, Palembang akan menjadi daerah newbie film. Film ini akan menampilkan talenta lokal dengan multi bahasa dan disiarkan di mancanegara. “Bentuknya berupa pembuatan saluran (channel) khusus Sriwijaya yang akan disiarkan ke mancanegara,” jelasnya.

Selain itu, Ivan juga perwakilan para investor mengaku Palembang memiliki potensi yang sangat kuat. Hanya membutuhkan sentuhan yang bersifat internasional. “Ini dapat direalisasikan, hanya membutuhkan dukungan pemerintah dan masyarakat. Saya mewakili komunitas investment for development, mengharapkan dukungan kuat pemerintah untuk mewujudkan lingkungan wisata yang kondusif di Palembang,” ujarnya.

Sebagai ibukota propinsi Sumatera Selatan, Palembang terus berbanah diri dalam pariwisatanya. Ada beberapa destinasi wisata di Kota Palembang yang kerap dikunjungi wisatawan lokal, nasional maupun internasional. Beberapa obyek wisata ynga ngehits dan menjadi trend kunjungan para pelancong antara lain; Jembatan Ampera dan Sungai Musi, Masjid Cheng Hoo Palembang, Bukit Siguntang, Museum Sultan Mahmud Badaruddin II, Benteng Kuto Besak, Hutan Punti Kayu, Pulau Kemaro, Wisata Air Terjun, Taman Kambang Iwak, dan Kampung Kapitan. (fau/bisniswisata/dbs)

 

Baca juga:

Muslim Travelers, Catat Agenda Wisata di Festival Morotai Ramaikan Maluku Utara

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store