:
:
News
MUI dan Kemenag Akan Tingkatkan Kerjasama Terkait Beasiswa 5000 Doktor

gomuslim.co.id - Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Pusat mengunjungi Kamaruddin Amin selaku Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama (Kemenag) RI.

Amirsyah Tambunan yang menjabat sebagai Wakil Sekjen MUI Bidang Pendidikan dan Kaderisasi, menyampaikan pertemuan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas pendidikan Islam. Dalam pertemuan tersebut Komisi pendidikan mengusulkan empat hal strategis.

Amirsyah mengungkapkan strategi pertama yang dilakukan MUI dan Kemenag adalah meningkatkan kerjasama untuk beasiswa 5ribu doktor. Dia menambahkan MUI dan UIN Jakarta telah menjalin kerjasama terkait penyelenggaraan doktor PKU yang  sudah terselenggara dua periode.

“Ada kesepahaman untuk meningkatkan kerjasama dengan Kemenag RI terkait program beasiswa 5000 doktor kerjasama MUI dan UIN Jakarta,” kata dia Selasa (06/07) di Gedung MUI Pusat, Menteng, Jakarta.

Strategi kedua, sambungnya, MUI menyampaikan pihaknya secara mandiri telah melaksanakan pendidikan kaderisasi ulama seperti yang sudah berjalan sejak dulu. MUI juga mengusulkan agar Majelis Pertimbangan Pendidikan Kemenag RI diaktifkan kembali.

“Mengusulkan agar diaktifkan kembali Majelis Pertimbangan Pendidikan Kemenag RI yang terdiri dari unsur Ormas Islam seperti NU, Muhammadiyah, Persis, Al-washliyah, dan lainnya,” kata Amirsyah.

Pertemuan tersebut juga menyepakati pelaksanaan kerjasama pendidikan dengan pihak luar negeri. Dengan begitu diharapkan akan semakin banyak peluang bagi mahasiswa Indonesia mendapatkan beasiswa belajar di luar negeri khususnya dibidang keislaman.

“Seperti memperbanyak jumlah beasiswa untuk mencetak kader umat dan kader bangsa,” ungkapnya. (waf/mui)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image