:
:
News
Kiai Maimoen Zubair Wafat Saat Beribadah Haji di Makkah

gomuslim.co.id - Pimpinan Pondok Pesantren Al-Anwar Sarang, Rembang, Kiai Maimun Zubair alias Mbah Moen dikabarkan wafat saat menunaikan ibadah haji di Makkah, Arab Saudi, Selasa (6/8/2019). Wafatnya Kiai sepuh Nahdlatul Ulama (NU) itu dikonfirmasi oleh Wakil Ketua Umum MUI Zainut Tauhid Saadi.

"Iya mas, baru saja santri yang mendampingi beliau telepon saya," ungkapnya.

Kabar tersebut juga dikonfirmasi oleh Sekjen PPP Arsul Sani. Arsul mengaku, awalnya tak langsung percaya dengan kabar itu. Dia pun mencoba bertabayyun ke berbagai sumber. Termasuk bertanya ke putra Mbah Moen, hingga terkonfirmasi kabar tersebut memang benar.

“Dikonfirmasi Gus Yasin Wagub Jateng (Taj Yasin) yang putera beliau,” ujar Arsul.

“Telah berpulang ke rahmatullah Mbah KH Maimoen Zubair di Makkah. Insya Allah Khusnul Khotimah…. Alfatehah, Amin. Mohon berkenan shalat ghaib untuk beliau,” ujar Arsul lewat akun twitter resminya, @arsul_sani, Selasa (06/08/2019).

Mbah Moen dikenal sebagai seorang alim, ahli fikih, sekaligus penggerak baik di lingkungan organisasi keagamaan maupun di kehidupan politik.

Mbah Moen pernah berpesan bahwa dakwah selayaknya dilakukan secara damai, tak perlu keras dan galak. Menurutnya, kondisi hari ini berbeda dengan zaman perang di era sebelum kemerdekaan.

Kiayi kelahiran Rembang pada 28 oktober 1928 merupakan putra dari Kiai Zubair, Sarang, seorang alim dan faqih. Ayahnya merupakan murid dari Syaikh Saíd al-Yamani serta Syaikh Hasan al-Yamani al-Makky.

Basis pendidikan agama Mbah Moen sangat kuat dipengaruhi dari orang tuanya. Dia meneruskan pendidikan mengajinya di Pesantren Lirboyo, Kediri, di bawah bimbingan Kiai Abdul Karim. Selain itu, selama di Lirboyo, Mbah Moen juga mengaji kepada Kiai Mahrus Ali dan Kiai Marzuki.

Untuk diketahui, Mbah Moen memang berangkat ke Tanah Suci dalam rangka melakukan ibadah haji. Kiai kharismatik ini bertolak dari Indonesia ke Makkah pada Ahad (28/07/2019) lalu. (nov/dbs/cnn)

 

Baca juga:

Kiyai Maimun Zubair, Ulama Kharismatik Asal Rembang yang Disegani Banyak Kalangan

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store