:
:
News
Menang Pastikan Petugas Badal Haji Adalah Orang Terpilih

gomuslim.co.id - Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin memastikan jika petugas pembadal haji merupakan orang-orang terpilih. Jemaah haji dan keluarganya diminta tidak perlu khawatir.

Untuk diketahui, pembadalan haji terkadang harus dilakukan kepada jemaah haji yang dalam kondisi sakit. Tanggung jawab pembadalan haji jemaah ini dipegang Kementerian Agama (Kemenag).

 

Baca juga:

Persiapan Penyambutan Jemaah, Tim Advance Petugas Haji Terbang ke Saudi

 

"Kalau ada jemaah haji yang dibadalkan karena alasan kesehatan yakinlah bahwa yang membadalkan itu adalah orang yang terpilih," ujar dia di Makkah.

Lebih lanjut, kata Menag, petugas harus memenuhi syarat-syarat tertentu untuk bisa membadalkan calon haji. Seperti pernah berhaji dan memiliki kemampuan untuk mengendalikan diri. Serta mampu menjalani rangkaian proses haji.

"Poinnya adalah percayakan sepenuhnya kepada tim kesehatan dan kepada petugas-petugas kita yang akan membadalkan haji ketika ada jamaah haji yang kesehatannya terganggu," lanjut dia.

Dia menuturkan, salah satu penyebab jemaah harus dibadalkan hajinya antara lain karena sakit. Tentu ini sudah terlebih dulu melalui proses pemantauan dari tim kesehatan. Tim ini dipastikan juga adalah orang-orang terpilih. Mereka telah menjalani proses seleksi ketat. Ada ukuran atau standar yang bisa dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan medis bagi calon haji untuk dibadalkan hajinya.

"Mereka adalah orang-orang yang sangat profesional dan ahli yang bisa menentukan apakah seorang jemaah dengan kondisi kesehatan tertentu bisa melaksanakan sendiri hajinya atau terpaksa harus dibadalkan," tutur dia. (nov/dbs/liputan6)

 

 

Baca juga:

Ratusan Petugas Haji Gelombang Pertama Bertolak ke Tanah Suci

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store