:
:
News
Rombongan Amirul Hajj Indonesia Tiba di Makkah

gomuslim.co.id – Rombongan Amirul Hajj Indonesia tiba di Bab Malik Masjidil Haram, Makkah pukul 02.10 dini hari WAS, Kamis (01/08/2019). 14 orang rombongan yang dipimpin Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengenakan pakaian ihram dan melaksanakan umrah wajib.

"Umrah berlangsung dengan lancar tadi kami mulai pukul 2.15 menit, jadi tawaf meski padat Alhamdulillah lancar. Menurut saya cukup cepat tidak sampai satu jam," ujar Menag.

Menag mengimbau jemaah haji Indonesia untuk tidak memforsir diri melakukan ibadah yang sifatnya sunah karena harus benar-benar mempersiapkan diri untuk wukuf. “Puncak haji adalah wukuf di Arafah jadi mudah-mudahan setiap kita itu bisa mengukur kemampuan diri sendiri," pesan Menag.

Ia juga meminta jemaah dapat menjaga kesehatan dengan mengatur pola makan dan istirahat  yang cukup. Menag berdoa agar haji tahun ini adalah haji yang penuh dengan rasa aman bisa berlangsung dengan tertib dan lancar. Ia juga berdoa agar semua jemaah haji bisa menunaikan rukun-rukun dan kewajiban-kewajiban haji, serta bisa mengerjakan semua sunahnya.

"Dan kita berharap kualitas penyelenggaraan haji tahun ini adalah penyelenggaraan haji yang terbaik dibanding tahun-tahun sebelumnya," tukasnya.

 

Baca juga:

Cuaca Panas, Jemaah Haji Diminta Jaga Stamina

 

Usai laksanakan umrah, Delegasi Amirul Hajj yang direncanakan akan memulai aktivitasnya siang nanti bergerak menuju Kantor Daerah Kerja Makkah, yang terletak di daerah Syisyah, Makkah. Delegasi ini terjadwal akan berada di tanah suci hingga 18 Agustus 2019. Adapun susunan delegasi amirul hajj, sebagai berikut:

 

Amirul Hajj: Menag Lukman Saifuddin

Wakil :

1. A. Bunyamin Ruhiat (PB NU)

2. M. Busyro Muqaddas (PP Muhammadiyah)

Sekretaris : Muchlis M. Hanafi (Kemenag)

Anggota :

1. Hamid Balfas

2. Yusnar Yusuf Rangkuti

3. Imam Addaruqutni (DMI)

4. Hamzah Harun Al Rasyid (UIN Alauddin Makassar)

5. Rofiqul Umam Noeril Huda (MUI)

6. Umar Al Haddad (PP Rabithyath Al Alawiyah)

7. Ali Machfudon Abdillah (JATMAN)

8. Roberth Johan Pattiselanno (Kemenkes)

Staf Sekretariat:

1. Ahmad Zayadi (Kemenag)

2. Khoirul Huda Basyir

(jms/kemenag)

 

Baca juga:

Menag: Tambahan Kuota Haji Tetap Berlaku Hingga Tahun Selanjutnya

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store