:
:
News
Jelang Idul Adha, Sudin Jakut Siap Cek Kesehatan Hewan Kurban

gomuslim.co.id - Suku Dinas (Sudin) Ketahanan Pangan, Kelautan dan Perikanan (KPKP) Jakarta Utara (Jakut) akan melakukan pemeriksaan hewan kurban awal Agustus 2019 mendatang. Pemeriksaan bertujuan untuk memastikan hewan yang dijual sesuai persyaratan berkurban.

Kepala Suku Dinas KPKP Jakarta Utara Rita Nirmala mengatakan pemeriksaan hewan kurban akan dilakukan mulai H-10 Idul Adha yang jatuh pada 11 Agustus 2019. "Pemeriksaan akan dilakukan hingga H+3 Idul Adha untuk memastikan kesehatan hewan kurban," kata Rita kepada wartawan Minggu (28/7/2019).

Dalam pemeriksaan ini, Sudin KPKP akan dibantu perwakilan dari Institut Pertanian Bogor (IPB) sebanyak 56 orang dan Persatuan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) berjumlah 10 orang.

Adapun pemeriksaan yang dilakukan berupa pemeriksaan mata, bagian tubuh, hingga usia hewan kurban untuk memenuhi standar kelayakan. Apabila ditemukan ada hewan yang sakit, pihaknya akan membantu mengobati hewan-hewan kurban tersebut.

 

Baca juga:

Pemkot Jaksel Siap Tertibkan Pedagang yang Jual Hewan Kurban di Trotoar

 

“Misal nanti ada hewan kurban yang sakit, kami akan obati supaya fit saat kurban. Kan mereka (hewan kurban) dibawa dari Jawa naik truk, stres, kita obati dengan obat yang ada,” ujarnya.

Selain itu, Rita mengatakan pihaknya juga sudah melakukan sosialisasi ke 100 pengurus dari 50 masjid yang ada di Jakarta Utara terkait tata cara pemotongan hewan kurban. Mereka mendapat sosialisasi teknis penyembelihan hewan kurban secara syariah dengan tetap menjaga aspek higienitas lingkungan dan kesehatan. (hmz/tribun/dbs)

 

 

Baca juga:

Pemkot Bandung Tugaskan 100 Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store