:
:
News
Pemkot Jaksel Siap Tertibkan Pedagang yang Jual Hewan Kurban di Trotoar

gomuslim.co.id – Pemerintah Jakarta Selatan siap lakukan penertiban kepada para pedagang yang melakukan penjualan hewan kurban dengan menggunakan trotoar jalan. Hal tersebut dilakukan guna memberikan kenyamanan untuk pengguna jalan.

Instruksi tersebut sesuai dengan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta Nomor 46 Tahun 2019 tentang Pengendalian Penampungan dan Pemotongan Hewan dalam Rangka Idul Adha 1440 H.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan Isnawa Adji mengatakan, salah satu aturan dalam instruksi tersebut yakni melarang adanya penjualan hewan kurban di atas trotoar.

 

Baca juga:

Pemprov DKI Imbau Panitia Kurban Tidak Gunakan Plastik saat Pembagian Daging

 

“Saya tugaskan Kasatpol PP untuk menertibkan itu. Jadi saya juga minta kepada bapak ibu lurah agar menugaskan Satpol PP-nya, atau kalau perlu buat imbauan, untuk tidak lagi memanfaatkan trotoar kita untuk berjualan hewan kurban, termasuk taman karena taman jadi rusak juga,” kata Isnawa dalam Rakorwil Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan di Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kamis (25/7/2019).

Isnawa menjelaskan, keberadaan hewan kurban di atas trotoar akan mengganggu ketertiban umum, membuat kotoran hewan berserakan, dan juga dapat membahayakan pengguna jalan.

“Pejalan kaki akan sangat terganggu. Sebab ketika pejalan kaki akan lewat, maka mesti turun dulu ke jalan, dan itu sangat berbahaya bagi pejalan kaki,” terangnya.

Isnawa menyampaikan, pedagang hewan kurban tetap boleh berjualan selama tidak mengganggu ketertiban umum. “Sebaiknya mencari lahan kosong, mungkin menyewa lahan yang kosong, lalu masuk ke situ,” tandasnya. (hmz/tribun)

 

 

Baca juga:

Masya Allah, Tujuh Bocah di Bogor Ini Arisan untuk Berkurban Sapi

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store