:
:
News
Menag: Tahun Ini Seluruh Tenda di Arafah Ber-AC

gomuslim.co.id – Inovasi dan layanan penyelenggaraan ibadah haji terus dilakukan. Hal ini guna meningkatkan kenyamanan jemaah dalam melaksanakan ibadah haji. Berbeda dengan tahun sebelumnya, tahun ini tenda-tenda jemaah di Arafah seluruhnya akan ber AC.

Demikian disampaikan Menag Lukman Hakim Saifuddin saat Raker bersama Komisi VIII DPR RI di Jakarta, Kamis (25/07/2019). Pertemuan tersebut membahas penyelenggaraan haji 1440H/2019M dan Isu-Isu Aktual.

“Mudah-mudahan ini akan meningkatkan kenyamanan jemaah di tengah-tengah suhu yang cukup panas saat puncak haji di Arafah,” ujar Menag.

Ia menjelaskan, sesuai rencana perjalanan haji tahun ini, gelombang II keberangkatan jemaah haji ke Tanah Suci akan berakhir tanggal 5 Agustus 2019 mendatang. “Jemaah haji akan wukuf di Arafah tanggal 10 Agustus 2019, dan tanggal 17 Agustus menjadi awal pemulangan jemaah gelombang I ke Tanah Air,” katanya.

Pada kesempatan tersebut, Menag juga menegaskan bahwa startup semisal Traveloka dan Tokopedia tidak akan berfungsi atau menjadi penyelenggara umrah, keduanya juga startup lainnya hanya sebagai marketplace saja.

 

Baca juga:

Pantau Jemaah Indonesia, Panitia Haji Jaga Terowongan Menuju Masjidil Haram

 

“Startup semisal Traveloka dan Tokopedia sudah menyatakan hanya sebagai marketplace atau tempat promosi perjalanan umrah, tapi pengurusan atau penyelenggara umrah tetap oleh  Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU),” tegasnya.

Menag sendiri sudah bicara dengan Menteri Kominfo bahwa unicorn tersebut tidak mungkin berubah fungsi sebagai penyelenggara umrah. Ia menyebut Kemenag dan Kominfo memiliki kewenangan masing-masing.

“Yang mengatur umrah Kemenag dan yang mengatur marketplace adalah Kominfo, undang-undang juga tegas mengatakan pengelola atau penyelenggara umrah adalah PPIU, itu sudah kita pagari. Tapi kita tidak bisa melarang startup sebagai tempat marketplace, sejauh ini belum ada regulasinya,” ucap Menag.

Sementara itu, Komisi VIII DPR RI mengapresiasi persiapan penyelenggaraan haji tahun 1440H/2019M yang dilakukan Kementerian Agama. DPR mendorong Kemenag mempersiapkan secara sungguh-sungguh pelaksanaan puncak haji terutama pada saat wukuf dan di Armina.

Dilansir dari Siskohat, hingga pukul 25 Juli 2019 pukul 16.04 waktu Arab Saudi, jemaah yang sudah di Tanah Suci berjumlah 136.268 jemaah atau 337 kloter. Sementara jemaah yang wafat mencapai 20 jemaah. (jms/kemenag)

 

 

Baca juga:

Kadaker Madinah Minta Jemaah Jaga Kondisi Tubuh Sampai Masa Puncak Haji

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store