:
:
News
Muslim Traveler Harus Tahu, Begini Cara Melindungi Privasi saat Traveling

gomuslim.co.id - Di era digital seperti sekarang, tak jarang privasi traveler menjadi korbannya. Oleh sebab itu, ketahui dulu cara melindungi privasi saat traveling. Ketika bepergian, tak jarang kita terekam oleh kamera pengawas pesawat hingga hotel. Tak jarang hal itu membuat traveler menjadi paranoid.

Dilansir dari USA Today, seorang spesialis keamanan senior Adam Dean, menyebutkan bahwa hal itu benar adanya.

"Traveler rentan akan ancaman keamanan, karena mereka berada dalam lingkungan berbeda dengan resiko berbeda. Secara general, traveler mengasumsikan kalau mereka tak punya privasi dan selalu merasa diawasi," ujar Adam.

Namun, tak perlu terlalu khawatir ada cara untuk melindungi privasi Anda baik di darat maupun udara. Seorang pejalan veteran bernama France Belanger mengatakan, kalau traveler harus membatasi akses menuju informasi pribadi untuk menjaganya dari tangan-tangan tak berkepentingan.

 

Baca juga:

Ini Aplikasi ‘Halal Traveler’ Sobat Traveling yang Akan Diluncurkan pada 29 Juni 2019

 

Lain lagi misalnya kalau Anda menggunakan akomodasi dari situs berbagi seperti AirBnb dan semacamnya. Tak jarang yang memasang kamera pengawas, di mana dapat mengurangi privasi yang ada.

"Traveler harus mencari tahu apakah pemilik rumah bersedia menutup kamera pengawas di akomodasi miliknya," ujar Kepala Cyber dari Chubb's North America Mike Tanenbaum.

Kemudian, kamu juga harus memastikan kalau tak ada kamera di sejumlah area privat dalam hotel. Sebut saja kamar mandi hingga ruang tidur. Selain itu yang tak kalah penting adalah soal koneksi internet saat liburan. Tak jarang yang memanfaatkan koneksi gratis seperti WiFi dan lainnya, tapi tak seaman yang dikira.

"Bahaya nomor 1 soal privasi ada di WiFi gratis. Mereka bisa dipalsukan oleh hacker untuk memperoleh informasi diri," ujar Dimitar Dobrev selaku direktur dari VPNArea. (nov/dbs/USAToday/det)

 

 

Baca juga:

Ini Tren Liburan Seru untuk Muslim Traveler Tahun 2018

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store