:
:
News
Islamic Relief Salurkan Bantuan untuk Korban Banjir Asia Selatan

gomuslim.co.id - Ketika banjir monsun menggusur ratusan ribu orang di Asia Selatan, badan amal Muslim global terkemuka telah memberikan bantuan mendesak yang sangat dibutuhkan bagi mereka yang terkena dampak banjir, Islamic Relief menulis dalam sebuah pernyataan.

“Puluhan ribu orang telah mengungsi dari rumah mereka, dan sejak akhir pekan, lebih dari 100 orang telah kehilangan nyawa mereka. Hujan telah berhenti di Nepal, tetapi India, Bangladesh, dan Pakistan bersiap menghadapi hujan lebat dalam beberapa hari mendatang,” jelas salah satu panitia Islamic Relief.

“Di Nepal, kami telah bekerja sama dengan Oxfam dan Care Nepal untuk menyediakan barang-barang penting seperti bahan perlindungan dan sabun. Kami juga akan meningkatkan kesadaran tentang perlindungan anak dalam keadaan darurat, melalui skema berkelanjutan kami untuk mengatasi perdagangan anak di Nepal,” tambahnya.

Menurut para pejabat, korban tewas akibat banjir monsun di Asia Selatan telah meningkat hingga 160 orang ketika jutaan orang dan hewan terus menghadapi beban terbesar di tiga negara, ABC News melaporkan.

Setidaknya 90 orang tewas di Nepal dan 62 di negara bagian Assam di India timur laut selama seminggu terakhir. Selusin tewas dalam banjir di Bangladesh.

Di Nepal, Kementerian Dalam Negeri mengatakan sekitar 36.728 keluarga terkena dampak hujan monsun. Banjir dan tanah longsor memaksa sekitar 13.000 keluarga meninggalkan rumah mereka. Islamic Relief berjanji untuk menawarkan dukungan kepada mereka yang terkena dampak.

“Bencana ini telah mempengaruhi hampir 1,5 juta orang di 16 distrik di Bangladesh. Islamic Relief akan memberikan uang tunai darurat kepada keluarga yang terkena dampak untuk membayar barang-barang yang sangat dibutuhkan seperti makanan, produk kebersihan dan perbaikan di rumah mereka,” katanya.

Para ahli memperkirakan bahwa banjir dan bencana alam lainnya akan menjadi semakin umum saat planet ini terus menghangat.

Menangani perubahan iklim adalah prioritas utama bagi Islamic Relief, yang bekerja dengan banyak komunitas yang menderita dampaknya. Islamic Relief Worldwide didirikan pada tahun 1984 sebagai tanggapan terhadap kelaparan di Afrika.

Untuk diketahui, Islamic Relief adalah organisasi yang benar-benar global, yang bekerja di lebih dari 40 negara memberikan bantuan darurat, melakukan pengembangan jangka panjang, dan berkampanye untuk perubahan.

Markas internasional grup ini berbasis di Digbeth, di Birmingham, Inggris, tetapi juga memiliki kantor di negara-negara termasuk Bangladesh, AS, Jerman, Irak, Lebanon, Swedia, Australia, Malaysia, Afrika Selatan, dan Mali. (fau/aboutislam/abcnews)

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store