:
:
News
Mulai Besok, Jemaah Haji Gelombang Kedua Terbang Ke Tanah Suci

gomuslim.co.id – Fase pemberangkatan jemaah haji Indonesia musim 1440H/2019M gelombang pertama telah usai. Mulai Sabtu (20/7/2019) besok, jemaah haji gelombang kedua akan mulai diberangkatkan ke Arab Saudi. Rencananya, jemaah pada fase ini akan mendarat di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah.

Kepala Daerah Kerja Makkah, Subhan Cholid mengatakan, kloter 18 embarkasi Makassar (UPG 18) akan menjadi rombongan pertama yang tiba di Bandara King Abdul Aziz, Jeddah. "UPG 18 akan tiba tanggal 20 Juli 2019, pukul 03.20 WAS. Seluruh jajaran petugas PPIH Daerah Kerja Makkah saya minta untuk bersiap," ujarnya.

Menurut Subhan, petugas di daerah kerja Makkah perlu mengantisipasi kedatangan jemaah karena kali ini jemaah berasal dari dua arah, yaitu Madinah dan Jeddah. "Kalau waktu kedatangan jemaah dari Madinah mulai tengah hari dan berakhir dini hari. Namun kalau dari Jeddah akan berlangsung selama 24 jam," katanya.

Kepala Seksi Data dan Informasi Daker Makkah Nurhannudin menyebutkan, sampai hari ke-13 kedatangan jemaah haji Indonesia, sudah ada 82.928 jemaah dan petugas yang tiba di Arab Saudi. 19.896 diantaranya, saat ini telah berada di Kota Makkah. "Mereka tergabung dalam 48 kloter, dari 202 kloter yag telah tiba di Arab Saudi, hingga sore pukul 19.00 kemarin," jelasnya.

 

Baca juga:

Pemerintah Saudi Izinkan Warga Qatar Berhaji

 

Sementara itu, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kementerian Agama M Nizar mengatakan fase keberangkatan Jemaah haji gelombang pertama ke Tanah Suci berjalan lancar. Ia menilai tidak ada kendala yang berarti selama proses pemberangkatan jemaah Haji gelombang pertama.

“Hanya persoalan yang terkait jemaah Haji di Jawa Barat serta permasalahan yang terjadi pada jemaah UPG 14 Makassar, namun permasalahan tersebut telah terselesaikan,” ungkapnya.

Kuota jemaah haji Indonesia tahun 1440 H / 2019 M sejumlah 231.000 orang, kuota tersebut berasal dari kuota utama sebanyak 221.000 orang dan kuota tambahan sebanyak 10.000 orang. “Adanya kuota tambahan ini berdampak pada penambahahn jumlah kloter sebanyak 18 kloter yang semula 511 menjadi 529 kloter,” ungkapnya. (jms/kemenag)

 

 

Baca juga:

Sebelum Berangkat ke Saudi, 38 Calon Jemaah Haji Asal Sabang Transit di Asrama Haji Aceh

 

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store