:
:
News
Jelang Idul Adha, Pemkot Bekasi Akan Periksa Kesehatan Hewan Kurban

gomuslim.co.id – Pemerintah Kota Bekasi akan memeriksa kesehatan hewan- hewan kurban. Dokter hewan pada Bidang Peternakan Dinas Pertanian dan Perikanan (Distanikan) Kota Bekasi, Dahlia Dhestinia mengatakan pihaknya masih berkoordinasi dengan beberapa pihak sehingga pemeriksaan akan dimulai pada pekan depan.

Hingga saat ini, Dahlia menyebut sudah ada 27 orang yang akan terlibat dalam pemeriksaan hewan-hewan kurban di 12 kecamatan di Kota Bekasi. Namun, titik-titik yang akan dilawat oleh tim untuk melakukan pemeriksaan hewan kurban masih digodok.

Nantinya, pemeriksaan bakal rutin dilakukan hingga hari H Idul Adha 2019. 

 

Baca juga:

Ini Dalil dan Tujuh Hikmah Kurban

 

"Sejauh ini kurang lebih ada 15 orang dari dinas. Dengan dengan dokter hewan, kira-kira 12 orang. Kita masih monitoring mana saja yang mesti kita datangi, harus monitoring soal zonasi, daerah untuk berdagang dan lain-lain," jelas Dahlia.

Meski begitu, Distanikan Kota Bekasi belum berencana memberikan vaksinasi atau pengobatan bagi hewan-hewan kurban yang sakit atau cacat. "Pemeriksaan saja," ujar Dahlia singkat.

Di sisi lain, Dahlia menjelaskan pihaknya akan berupaya memeriksa kesehatan seluruh hewan kurban. Artinya, hewan-hewan kurban yang dijual di pinggir jalan atau trotoar, hingga yang disertai surat keterangan kesehatan hewan (SKKH) maupun tidak, tak akan luput dari pemeriksaan Distanikan Kota Bekasi.

"Pasti kami cek, karena semua hewan itu kan berpotensi dikonsumsi," tutup Dahlia. (nov/dbs/kompas)

 

 

Baca juga:

Ini Syarat dan Ketentuan Hewan Kurban untuk Kambing dan Sapi

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store