:
:
News
Hindari Dehidrasi, IDI Imbau Jemaah untuk Banyak Minum Saat Ibadah Haji

gomuslim.co.id – Ketua Ikatan Dokter Indonesia  (IDI), Kamarudin Askar meminta seluruh Jamaah Haji 2019 asal Indonesia dapat mengelola dan menjaga kesehatan dengan baik. Hal tersebut terutama yang berkaitan dengan asupan cairan dan gizi para jamaah.

Ia mengungkapkan, banyaknya jamaah yang mengalami sakit saat melakukan ibadah haji karena malasnya para jamaah untuk banyak meminum air putih, sehingga daya tahan tubuhnya menghilang karena dehidrasi kuat.

“Menurut informasi yang saya terima, mereka (para jemaah) yang melakukan ibadah haji, malas untuk minum karena juga tidak ingin banyak buang air kecilnya. Banyak alasan mereka, di antaranya takut ketinggalan rombongan, toiletnya jauh, ibadahnya tertinggal,” cerita dokter Askar saat diwawancara gomuslim via telepon, pada Selasa (09/07/2019)

 

Baca juga:

Jemaah Haji Diimbau Waspadai Cuaca Ekstrem di Saudi

 

Ia mengatakan, setiap kloter memiliki satu dokter pendamping para jemaah untuk beribadah haji. Karena itu, Askar meminta jemaah haji untuk terus memberikan laporan kepada tim medis dengan kondisi yang di alami, sehingga tidak adanya jamaah yang mengalami drop kesehatan yang signifikan.

“Jemaah harus menceritakan kondisi kesehatanya apabila mulai tidak stabil, agar tim dokter cepat memberikan penanganan pertama dengan cepat, tujuannya adalah agar kondisi jamaah tidak terlalu drop saat melaksanakan ibadah haji, ini juga demi kekhusyukan para jamaah dalam melakukan kegiatan haji,” jelasnya.

Ia menegaskan para jamaah untuk banyak minum, karena menurut informasi yang diterima, ibadah haji pada tahun 2019 adalah ibadah haji terberat bagi jamaah karena adanya cuaca ekstrem yang berada di Mekkah.

“Tahun ini menurut saya sangat berat bagi mereka (para jemaah) karena cuaca disana sangat ekstream. Informasi yang saya terima, suhu di Mekkah mencapai 42 derajat celcius. Oleh karena itu, air putih sangat dibutuhkan oleh para jamaah, kalau malas minum, akan terjadi dehidrasi nanti disana, akibatnya, jamaah bisa pingsan,” kata dokter Askar.

Ia mengimbau kepada seluruh jamaah yang belum berangkat, agar lebih menjaga fisik, memperhatikan peringatan yang sudah diterapkan panitia, banyak meminum air putih, dan membawa obat pribadi yang dibutuhkan serta vitamin. (hmz/gomuslim)

 

 

Baca juga:

Alhamdulillah, 1.000 Keluarga Para Syuhada Palestina Terima Hadiah Haji Gratis dari Raja Salman 

Responsive image
Other Article
Responsive image