:
:
News
Ini Tips Agar Sehat dan Tetap Bugar Saat Ibadah Haji

gomuslim.co.id - Perbedaan cuaca antara Indonesia dan Arab Saudi yang signifikan, kerap menjadi masalah bagi jamaah haji asal Indonesia. Untuk diketahui, suhu udara di Mekah maupun Madinah baru-baru ini nyaris mendekati 50 derajat Celcius pada siang hari. Suhu ini dua kali lipat dibandingkan suhu normal di Indonesia.

Jamaah haji asal Indonesia yang sudah mulai diberangkatkan dari tanah air, perlu memperhatikan beberapa hal terkait dengan kesehatan dan kebugaran. Terutama untuk mengantisipasi agar tidak terserang dehidrasi dan kelelahan.

Kepada gomuslim panitia penyelenggara haji khusus Maktour, Ustadz Teuku Otman memberikan beberapa tips khusus bagi calon jamaah haji mengingat cuaca ekstrim yang sedang melanda Arab Saudi.

“Pertama, kita kenali tubuh kita. Kita pahami kebutuhan diri sendiri. Kedua, Perbanyak minum air putih, air zam-zam karena jelas cuaca panas akan membuat tubuh kita kurang cairan” paparnya.

 

Baca juga:

Jaga Kesehatan Calon Jemaah Haji, Maktour Gelar Suntik Vaksin Meningitis

 

Ketiga, lanjutnya ia mengimbau untuk mengurangi makanan yang pedas. Terakhir, seringlah menghirup air lalu mengeluarkan sebagaimana saat berwudhu. Karena udara yang kering membuat hidung juga kering sehingga hidung menjadi lebih sensitive dan bisa berdarah.

Selain itu, biro perjalanan umrah Maktour juga memberikan suntik vaksinasi bagi calon jamaahnya. Hal itu dilakukan demi menjaga daya tahan tubuh mencegah terjadinya radang selaput otak sesuai imbauan Arab Saudi melalui WHO.

Terkait dengan menu yang disajikan, Ustadz Teuku Otman juga mengatakan jika calon jamaah tak perlu khawatir karena menu akan disesuaikan dengan selera lidah Indonesia.

“Penyelenggara khusus maupun regular memperkerjakan orang Indonesia sehingga tidak khawatir dengan menu makan. Namun sebaiknya tetap memprioritaskan ibadah, makan hanya untuk bekal agar kuat dan maksimal beribadah” katanya. (nov/gomuslim)

 

 

Baca juga:

Fuad Hasan Masyhur, Sosok Inspiratif di Balik Suksesnya Maktour

Responsive image
Other Article
Responsive image