:
:
News
Universitas Top di Irlandia Segera Buka Pusat Studi Timur Tengah Al Maktoum

gomuslim.co.id - Empat profesor baru akan ditunjuk untuk lembaga yang didanai UEA dalam Trinity College Irlandia. Pusat baru yang dikenal sebagai Pusat Studi Timur Tengah Al Maktoum  akan menjadi bagian dari Sekolah Bahasa, Sastra, dan Studi Budaya Trinity dalam fakultas seni, humaniora dan ilmu sosial.

Institusi akademis utama Irlandia, Trinity College Dublin, telah menulis "aliansi strategis" dengan Al Maktoum Foundation yang disponsori UEA dan Dundee, Sekolah Tinggi Pendidikan Al Maktoum yang berbasis di Skotlandia untuk mendirikan pusat baru untuk studi Timur Tengah di universitas.

Aliansi juga akan melihat pengangkatan empat profesor studi Timur Tengah baru.

"Hadiah yang murah hati dari Yayasan Al Maktoum ini datang pada saat yang penting dalam sejarah hubungan Trinity College dengan Timur Tengah, masyarakatnya dan budaya," kata Dr Patrick Prendergast, provost Trinity, seperti dilansir dari publikasi ArabBussiness, Rabu, (03/07/2019).

Katanya, untuk melanjutkan tradisi lama studi Timur Tengah yang telah lama ada dalam sejarah Trinity College, hadiah murah hati ini datang pada saat masyarakat di Irlandia harus mengambil kesempatan untuk meningkatkan peran yang dapat dimainkan semua orang dalam masyarakat majemuk.

 

Baca juga:

Manuskrip Alquran Kuno Milik Perpustakaan Universitas Birmingham Ini Analisa Hasil Tulisan Sahabat Nabi Muhammad

 

“Tantangan sosial yang diciptakan oleh multikulturalisme juga menghadirkan peluang unik untuk keterlibatan dan pengayaan,” kata Dr. Patrick.

Reputasi global

Trinity - yang terkenal di dunia internasional untuk perumahan Book of Kells yang terkenal di Irlandia - pertama kali menunjuk seorang profesor Studi Oriental pada tahun 1762, dan kemudian ditunjuk sebagai guru besar pada tahun 1855.

Hari ini, aliran Studi Dekat dan Timur Tengah Trinity di kampus ini menawarkan gelar di Timur Tengah dan peradaban Islam serta menawarkan pengajaran dalam bahasa Arab di mana siswa setahun di sebuah universitas di Timur Tengah. Kursus lain mempelajari Mesir kuno, Babel, Persia dan Arab Selatan.

"Kami sangat bangga mendukung inisiatif ini dan dengan hubungan dengan Trinity College Dublin, dengan reputasi globalnya untuk keunggulan dalam penelitian dan pendidikan," kata Mirza Al Sayegh, ketua dewan Pengawas Universitas Al Maktoum dan Yayasan Al Maktoum. .

Dr Abi Abubakar, penjabat kepala perguruan tinggi di Al Maktoum College, mengatakan bahwa perjanjian dengan Trinity adalah "sangat penting" untuk perguruan tinggi.

"Sekarang hanya memvalidasi kualitas program yang kami tawarkan sekarang, tetapi juga, yang penting, memberikan langkah pertama menuju kolaborasi akademik yang lebih dekat dan tahan lama antara kami dan Trinity College. Ini adalah aliansi kunci yang akan bermanfaat besar bagi siswa yang ingin melakukan studi Timur Tengah,” jelasnya.

Selain Kolese Al Maktoum, Yayasan Al Maktoum juga mendanai Pusat Kebudayaan Islam Irlandia di Clonskeagh, sebuah pinggiran kota Dublin, Pusat ini adalah rumah bagi masjid terbesar di Irlandia. (fau/ab/dbs)

 

Baca juga:

Pemerintah Irlandia Resmi Izinkan Polisi Muslimah Berhijab

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store