:
:
News
Jajaki Kerjasama, Arab Saudi dan NU Siap Perkuat Islam Moderat

gomuslim.co.id – Duta Besar Arab Saudi untuk Indonesia Esam A. Abid Althagafi berkunjung ke Pengurus Besar Nadhatul Ulama (PBNU) di Gedung PBNU di Jalan Kramat Raya 164, Jakarta Pusat. Dalam kunjungannya, bersama Ketua Umum PBNU KH Said Aqil Siroj, Dubes Arab membahas fenomena kekerasan atas nama agama Islam terutama yang dilakukan ISIS.

Selain itu, juga paham yang membidahkan kebiasaan umat Islam yang baik yang telah tumbuh berkembang di seperti peringatan Maulid Nabi, Isra Mi’raj dan lain-lain. Kedua belah pihak juga menjajaki kerja sama dalam berbagai bidang seperti dalam pendidikan, ekonomi, dan sosial budaya.

“Hari ini, PBNU kedatangan tamu mulia. Beliau adalah diplomat ulung, diplomat senior yang langsung mendapat amanah dari Raja Salman Abdul Aziz agar memperkuat, meningkatkan hubungan Indonesia Saudi terkait kerja sama haji dan umrah, hubungan dagang, budaya, sosial," ujar Kiai Said.

 

Baca juga:

Pondok Pesantren Tebuireng Jawa Timur Bangun Pusat Kajian KH Hasyim Asy'ari

 

Mudah-mudahan, lanjutnya,  Indonesia mendapat berkah dan kami sangat bangga gembira karena Dubes Arab Saudi yang baru ini terbuka, intelek, dan berpandangan sama dengan NU yaitu sama-sama berpandangan Islam washatiyah (moderat). "Itu akan jadi titik keberangkatan kita,” kata Kiai Said kepada awak media selepas pertemuan tersebut.

Menurut Kiai Said, hari ini nama Islam rusak karena munculnya sekelompok Islam yang radikal, ekstremis, dan teroris. Oleh karena itu, Arab Saudi dan Indonesia, khususnya NU, akan bergandengan tangan memperbaiki Islam yang penuh rahmat, ramah, damai, cinta, penuh kasih sayang, kemanusiaan.

Dia menambahkan, orang yang mengaku agama Islam, dan melakukan kekerasan atas nama agamanya adalah bertentangan dengan Alquran. “Tidak boleh ada dakwah Islam dengan cara kekerasan, tapi dengan cara ramah dan damai,” pungkasnya. (nov/NUOnline)

 

Baca juga:

Arab Saudi Komitmen Tingkatkan Kerjasama dengan Muhammadiyah

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store