:
:
News
Kapel di Pedesaan Wales Inggris Ini Akan Berubah Fungsi Jadi Masjid

gomuslim.co.id - Sebuah kapel atau gereja di desa Llanbedr, dekat Harlech Gwynedd, Wales akan diubah menjadi masjid setelah bertahun-tahun dibiarkan kosong. Rencana untuk mengubah Kapel Moriah menjadi masjid dan pusat meditasi tersebut telah mendapat persetujuan dari dewan setempat.

"Sudah ada di pasaran beberapa waktu lalu dan tidak ada perubahan dalam bangunannya. Itu akan digunakan sesuai dengan tujuan pembelian," kata anggota dewan komunitas, Gruffydd Price seperti dilansir dari publikasi BBC, Senin (1/7/2019).

Warga menyambut bangunan yang kembali digunakan untuk ibadah. Masjid dan Meditasi Jamia Almaarif Center yang baru akan menyediakan "kegiatan keislaman dan non-Islam."

Direktur Jamia Almaarif, Fatima Bodhee mengatakan bangunan ini akan tersedia sepanjang tahun untuk siapa saja dari agama Islam yang sedang bepergian. Atau fasiitas untuk berdoa bagi mereka yang tinggal tidak jauh dari sini. “Kami tidak mengharapkan lebih dari 150 orang berkunjung pada satu waktu," katanya.

Masjid ini kemungkinan besar hanya akan penuh selama liburan sekolah dan musim panas karena Llanbedr tidak mempunyai komunitas Muslim.

 

Baca juga:

Pemerintah Inggris Ubah Kapel Jadi Masjid

 

Berdasarkan sensus terakhir pada 2011, tidak ada satu orang pun di desa Llanbedr yang diidentifikasi sebagai seorang Muslim. Kapel Moriah sendiri dibuka untuk pertama kalinya pada tahun 1913.

Dibangun dalam "gaya seni dan kerajinan dari jenis gable-entry", bangunan itu dianugerahi status terdaftar Grade-II pada tahun 1997.

Selain Kristen, pemeluk agama terbesar di Wales adalah Islam dengan sekitar 46.000 penganut pada 2011. Sebagian besar Muslim tinggal di Cardiff (23.656 pada 2011, 6,8% dari populasi), tetapi ada juga jumlah yang signifikan di Newport (6.859 pada 2011) dan Swansea (5.415 pada 2011).

Sudah ada komunitas Islam Somalia dan Yaman di Cardiff sejak pertengahan 1800-an, yang didirikan oleh pelaut ke Dermaga Cardiff. (jms/bbc/aboutislam)

 

Baca juga:

Jelang Kampanye Visit My Mosque Day, Ratusan Relawan Masjid Bersihkan Sampah Jalanan di Inggris

Responsive image
Other Article
Responsive image