:
:
News
Bertema 'Cerdas Mendidik Anak Tanpa Marah', Begini Penjelasan Abi Fakhri Nabhan Rabbani di Karugami Hijab Motion

gomuslim.co.id - Marah merupakan luapan emosi yang diungkapkan dengan perbuatan atau ekspresi untuk memperoleh kepuasan. Ketika dalam keadaan ini suasana hati dan energi positif akan hilang yang kemudian akan berganti menjadi energi negatif.

Untuk meminimalisir hal tersebut, diperlukan ilmu dan pendekatan yang tepat agar tidak mudah terpancing kemarahan. Terutama untuk orang tua, dan calon orang tua.

Pada Kajian Rutin Keluarga Islami (Karugami) yang diselenggarakan Hijab Motion di Masjid Nurul Amal, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Sabtu (29/06/2019). Kajian parenting kali ini mengangkat tema “Cerdas Mendidik Anak Tanpa Marah” yang dibawakan oleh Abi Fakhri Nabhan Rabbani.

 

Baca juga:

Bertajuk Bunga Ramadhan, Hijab Motion Ajak Anak-Anak Rumah Singgah Bermain di Kidzoona

 

Dalam pemaparannya, tokoh pendidikan Indonesia, konsultan kejiwaan dan dosen psikologi ini memberikan penyampaian dengan memainkan intonasi dalam teknik komunikasi. Sehingga pendengar lebih mudah memahami isi materi yang disampaian.

“Contohnya ketika anak tantrum di tempat umum, biasanya orang tua akan langsung marah. Ada satu cara untuk meredamnya. Yaitu dengan teknik menggelar sajadah. Anak yang sedang tantrum dipindahkan dengan cara mengendong namun dengan wajah tanpa ekspresi. Lakukan terus meski anak semakin marah, tapi percayalah teknik ini akan membuat anak menjadi diam,” tutur Abu Fakhri.

Marah, lanjut Fakhri hanya akan membuat situasi semain parah. Karena itu bersikaplah meredam amarah seperti Rasulullah SAW yang tidak pernah marah, namun hanya meredam amarah sehingga nampak wajah memerah.

“Ketika kita merasa marah, cobalah untuk menggantinya dengan solusi. Cari tahu apa penyebab, dan berikan solusi dengan ilmu. Sehingga tidak ada rasa marah yang menyelimuti diri,” papar dia.

Kajian Karugami ditutup dengan doa bersama oleh Abi Fakhri dan sholat ashar berjamaah. (nat/foto:nat)

 

 

Baca juga:

Begini Cara Menyayangi Istri yang Dicontohkan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store