:
:
News
Kajian Halal Indonesia Expo: Ini Tiga Cara Agar Masuk Derajat Takwa

gomuslim.co.id – Ada tiga cara agar seorang muslim bisa mencapai derajat takwa. Ketiga hal ini penting untuk dilakukan agar seorang muslim dicintai Allah SWT. Ketiganya yaitu bersikap adil, memafkan, dan menjaga silaturrahim. Demikian simpulan dari kajian tematik Ustadz Azhar Khalid bin Sefi, Lc., MA dalam rangkaian Halal Indonesia Expo di JCC, Jakarta, Jumat (28/6/2019).

Ustadz Azhar menjelaskan, seorang muslim wajib bersikap adil meskipun kepada musuh atau kepada yang tidak disukainya. Dalam sebuah ayat disebutkan jangan sampai karena kebencian terhadap suatu kaum, membuat kita tidak bersikap adil. Karena bersikap adil itu mendekatkan kepada takwa.

“Insya Allah jika kita bersikap adil, ketakwaan akan kita dapatkan. Ketika kita sudah masuk derajat takwa, maka kita menjadi hamba yang dicintai Allah,” ujarnya.

Selanjutnya, cara kedua untuk mencapai derajat takwa adalah dengan sikap memaafkan. Dengan memberi maaf, maka takwa bisa akan didapat. Seorang yang bertakwa bukanlah mereka yang mempunyai sifat pendendam, amarah, dan penuh kebencian.

 

Baca juga:

Ini 7 Faedah Puasa Sunnah Syawal

 

“Memaafkan itu lebih mulia. Contohnya Nabi SAW. Ketika paman beliau, Hamzah dibunuh oleh Wahsyi. Lalu pada suatu masa Wahsyi ini mendatangi Nabi dan bersyahadat, menyatakan iman dan Islam, Nabi mamaafkan orang tersebut. Jadi apa pun masalah yang kita hadapi, maafkanlah meskipun kita sanggup membalasnya,” paparnya.

Dalam hadits dari Abu Hurairah dikatakan, “Tidaklah seorang hamba Allah yang sanggup memaafkan kecuali dia mendapat kemuliaan”.

Kemudian, cara ketiga adalah menjalin silaturahim. Dalam Surat Annisa ayat peryama disebutkan bahwa takwa bisa diraih dengan memperkuat jalinan kekeluargaan, menjalin silaturahim dan tidak memutuskannya.  

“Orang yang menjalin silaturrahim, dia naik derajat menjadi seorang bertakwa. Sebaliknya, orang yang suka memutuskan tali silaturahim berarti tidak ada gelar ketakwaan pada dirinya. Allah mengingatkan kita semua Annisa ayat pertama, ‘…Dan bertakwalah kepada Allah yang dengan nama-Nya kamu saling meminta dan peliharalah hubungan kekeluargaan’,” jelasnya. (jms)

 

 

Baca juga:

Ini Pesan Aa Gym pada Umat Islam Pasca Ramadhan

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store