:
:
News
Profesor Komaruddin Hidayat Resmi Dilantik Jadi Rektor UIII

gomuslim.co.id – Prof. Komaruddin Hidayat resmi dilantik sebagai Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) periode 2019-2024, Kamis (13/06/2019). Pelantikan dilakukan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin di Operation Room, Kantor Kementerian Agama, Jalan Lapangan Banteng Barat Nomor 3-4, Jakarta.

Hadir sebagai saksi pelantikan, Sekretaris Jenderal Kemenag M.Nur Kholis Setiawan dan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kemenag Kamarudin Amin. Pelantikan juga dihadiri oleh pejabat eselon I dan II Kemenag, termasuk para pimpinan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri.

Penunjukkan Komarudin Hidayat sebagai Rektor UIII tertuang dalam Keputusan Presiden Nomor 37/M Tahun 2019. Dengan keputusan tersebut, menjadikan Komarudin sebagai Rektor pertama pada universitas yang direncanakan mulai beroperasi pada tahun 2020 mendatang.

Sebelumnya, Komarudin Hidayat tercatat pernah menjabat sebagai Rektor UIN Syarif Hidayatullah pada periode 2006-2015.

Perencanaan pembangunan kampus UIII telah dilakukan sejak tiga tahun lalu lewat Peraturan Presiden (Perpres) Nomor 57 Tahun 2016 tentang Pendirian UIII pada 29 Juni 2016. Saat itu Presiden Jokowi menginginkan UIII menjadi pusat kajian peradaban Islam di Indonesia.

 

Baca juga:

Menag: Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia Harus Benar-Benar Qualified

 

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo menunjuk Komaruddin Hidayat sebagai Rektor UIII melalui penerbitan surat Keputusan Presiden Nomor 37/M Tahun 2019 tentang Pengangkatan Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia.

Staf Khusus Presiden Siti Ruhaini mengatakan ini merupakan hasil penggodokan sebuah konsorsium yang mengemban amanah menjalankan aktivitas universitas tersebut. "Konsorsium ini dibuat karena universitas ini dikhususkan bagi post-graduate. Jadi, agar tidak overlapping dengan universitas-universitas Islam yang berada di bawah Kementerian Agama," katanya

Kementerian Agama, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dan Kementerian Luar Negeri dilibatkan dalam penunjukan nama Komaruddin sebagai pimpinan UIII. Kampus UIII diharapkan dapat menjadi pusat kajian, penelitian dan implementasi peradaban Islam wasathiyah atau Islam moderat, baik di Indonesia, maupun dunia. (jms/kemenag)

 

Baca juga:

Gandeng Alumni Timur Tengah, Kemenag Susun Silabus dan Kurikulum Universitas Islam Internasional Indonesia

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store