:
:
News
Rayakan Tradisi Lebaran, Warga di Magetan Gantung Ketupat Sepanjang 2 Km

gomuslim.co.id - Dalam memperingati tradisi Lebaran ketupat, Warga Nahdlatul Ulama di Dusun Joso Desa Turi Kabupaten Magetan, Jawa Timur memiliki tradisi unik yakni dengan memajang lebih dari 8.000 ketupat di sepanjang jalan kampung.

“Ribuan ketupat tersebut digantung di sepanjang jalan kampung. Kalau panjangnya lebih dari 1 kilometer,” ujar salah satu warga Joso, Suyitno.

Dikatakan Suyitno, tradisi unik wisata Lebaran ketupat tersebut telah berjalan selama 3 tahun terakhir. Selain ribuan ketupat yang digantung pada tali sepanjang hampir 2 kilometer, di sejumlah titik warga juga menyediakan meja tempat sayur lodeh atau opor dan perlengkapan pecel seperti sayur dan sambal pecel.

 

Baca juga:

Rayakan Syawalan, Warga Kampung Jaten Cilik Semarang Berebut Kupat Tauge

 

“Ini merupakan tradisi untuk menjaga ukhuwah atau silaturahmi warga di Joso ini," kata dia.

Tradisi unik wisata Lebaran ketupat tidak hanya dihadiri oleh wrga Joso dan Desa Turi saja, namun sejumlah wisatawan dari Ponorogo, Madiun bahkan Nganjuk turut hadir menyaksikan kegiatan unik tersebut.

Pengunjung diperbolehkan menyantap ribuan ketupat yang digantung tersebut dengan menambahkan sayur maupun pecel yang disediakan di meja.

“Kebanyakan yang datang dari luar kota. Mereka dipersilakan menyantap ketupat yang dihidangkan, bahkan dipersilakan membawa pulang ketupat yang digantung karena ini sebagian dari menjaga ukhuwah tadi,” tandas Suyitno. (nat/kompas/dbs/foto:kompas)

 

 

Baca juga:

Ini Nilai Sakral Tradisi Lebaran Topat di Lombok NTB

Responsive image
Other Article
Responsive image