:
:
News
Ini Faktor Peningkatan Penumpang Arus Balik 2019 di Terminal Pulogebang

gomuslim.co.id – Terminal Bus Pulogebang, Cakung, Jakarta Timur mencatat peningkatan penumpang arus balik tahun 2019. Kepala Satuan Pelaksana Operasional dan Kemitraan Terminal Pulogebang Emiral August menyebut, peningkatan hampir 179 persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Menurut Emiral, ada sejumlah faktor yang memicu peningkatan tersebut. Pertama, dari sisi pelayanan dan kenyamanan yang lebih bagus. Kedua, dari faktor tingginya harga tiket moda transportasi lain seperti pesawat sehingga masyarakat beralih ke bus.

“Saat puncak arus balik Lebaran di Pulogebang pada Minggu 9 Juni 2019, ada 14.612 penumpang yang tiba di terminal menggunakan 555 bus. Pada 2018, hanya ada 6.988 penumpang dengan 270 kendaraan yang sampai di Terminal Pulogebang saat puncak arus balik Lebaran di H+4,” ujarnya di Jakarta, Rabu (12/6/2019).

Meski meningkat lebih dari 100 persen, tidak ada kejadian negatif di Terminal Pulogebang selama arus balik berlangsung. Emiral mengklaim semua dalam keadaan aman karena dibantu personel TNI, Polri dan pemerintah provinsi DKI Jakarta.

 

Baca juga:

Prediksi Puncak Arus Balik Meleset, 10.542 Kendaraan Masih Lintasi Artery Bekasi sampai Selasa 12 Juni 2019

 

“Kami juga menyediakan 64 kamera pantau atau CCTV dan pos-pos pengamanan. Penumpang ataupun pengendara yang sakit dapat berobat ke posko kesehatan dengan cuma-cuma. Untuk bus, kami rutin mengadakan uji kelayakan atau ramp check," kata Emiral.

Penumpang bus asal Padang, Sumatera Barat, bernama Indra mengatakan pilihannya naik bus diambil karena tiket pesawat mahal. "Saya sudah membandingkan harga bus dan pesawat. Jauh sekali bedanya," katanya.

Penumpang lainnya, Deska, dari Purwokerto, Jawa Tengah, mengaku lebih nyaman naik bus daripada transportasi lain. "Saya memang sengaja naik bus," ungkapnya. (jms/tempo/antara)

 

Baca juga:

Pemprov DKI Beberkan Anggaran Mudik Gratis yang Tembus 14 Miliar Rupiah

Responsive image
Other Article
Responsive image