:
:
News
Begini Kemeriahan Perayaan Idul Fitri Warga Muslim Long Island di New York Amerika Serikat

gomuslim.co.id Warga Muslim Long Island di New York Amerika Serikat berkumpul di Islamic Center of Mastic-Shirley (ICMS) untuk sholat Ied tahunan, menandai akhir Ramadhan. Tema khutbah tahun ini adalah mencari kegembiraan dan pertumbuhan. Imam Abdul-Lateef menyebutkan jenis-jenis kegembiraan yang dimiliki umat Islam sehubungan dengan Ramadhan dan seterusnya.

Imam Abdul-Lateef pertama kali berbicara tentang dua kegembiraan yang datang dari puasa.

“Menurut hadits dalam Sahih Muslim, seseorang memperoleh kegembiraan saat berbuka puasa, ketika berbuka puasa setiap hari selama bulan Ramadhan. Ada lebih banyak kegembiraan bagi orang itu pada saat bertemu dengan Tuannya dan mendapatkan hadiah karena puasa,” kata Imam Abdul-Lateef, seperti dilansir dari publikasi AboutIslam, Jumat, (07/06/2019).

Hari Idul Fitri ini juga merupakan sukacita bagi kami. Warga muslim di Long Island ini merayakan dengan keluarga dan teman-teman, beberapa di antaranya mungkin sudah lama tidak kami lihat. Kami menikmati perusahaan mereka dan akan melakukan hal yang sama di Jennah.


Baca juga:

Masya Allah, Ini 5 Hikmah Hari Raya Idul Fitri yang Harus Kamu Tahu


Pertumbuhan Warga Muslim

Imam selanjutnya menyebutkan perlunya memperluas fasilitas pusat karena komunitas yang tumbuh. Selama lebih dari tujuh belas tahun, ICMS telah melayani umat Muslim di daerah, melakukan sholat secara teratur serta kelas anak-anak dan orang dewasa. Masjid dibuka dengan kapasitas yang cukup untuk hanya empat puluh jamaah dan telah berkembang untuk menampung hingga empat ratus.

"Alhamdulillah, komunitas kami terus bertambah besar, dan kami telah dapat memperluas masjid untuk melayani anggota kami, tetapi bangunan saat ini telah mencapai batasnya,” kata Imam.

Tahun ini, sebuah peluang untuk memulai proyek perluasan fasilitas kecil itu menghadirkan diri kepada anggota masyarakat. Setelah banyak pencarian gagal untuk tanah untuk membangun masjid baru, kesempatan untuk membeli beberapa lot menjadi tersedia.

Dia menjelaskan kepada Tentang Islam bahwa mereka mulai menggalang dana untuk $ 360ka seminggu dan setengah setelah Ramadan mulai dan mengumpulkan sekitar 30rb hari itu.

Untuk diketahui, ICMS adalah salah satu dari banyak masjid di Long Island yang berfokus pada pertumbuhan untuk memenuhi kebutuhan umat Islam dengan lebih baik. Lembaga ini berfungsi sebagai tempat ibadah dan pembelajaran bagi umat Islam dari berbagai latar belakang termasuk, Amerika kelahiran asli, Asia Selatan, Karibia, Afrika Barat dan Timur Tengah. Keragaman `Doa Idul Fitri menunjukkan komitmen pusat untuk memasukkan dan meningkatkan angka.

“Beberapa orang Amerika telah dan terus menerima Islam di daerah tersebut. Kami menyaksikan sekitar sepuluh hingga lima belas orang memasuki agama dalam setahun — ini belum termasuk banyak shahadah tahunan yang saya saksikan sebagai imam di penjara-penjara daerah,” tambah Imam.

Pusat ini juga menampung Muslim dari seluruh penjuru negeri dan dunia. Felisha Ali dari Tampa, Fl mengunjungi putrinya menghadiri doa dan sarapan bersama saudara perempuannya Aklima Ali-Ney [Inggris] dan sepupu Nazeema Rahman [Jerman].

"Kami selalu menjadi komunitas yang beragam. Anggota dewan kami mewakili latar belakang yang berbeda, dan setiap Ramadhan dan` Idul Fitri, kami melihat betapa kayanya kami dalam budaya. Itu datang dengan tantangannya, tetapi kami bekerja melaluinya dan tumbuh bersama,” pungkas Imam Abdul-Lateef. (fau/aboutislam/dbs/foto: ist)

 

Baca juga:

Tradisi Nabi Merayakan Idul Fitri

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store