:
:
News
Arus Balik Lebaran, Polisi Kembali Siapkan Penerapan Sistem Satu Arah

gomuslim.co.id – Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri) Tito Karnavian mengatakan akan kembali menerapkan kebijakan penerapan sistem satu arah atau one way pada arus balik Lebaran 2019. Penerapan sistem satu arah ini akan dilakukan dari Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, hingga Cawang, Jakarta Timur.

Namun demikian, Tito tidak menyebutkan mengenai kapan penerapan sistem satu arah tersebut dilakukan. Menurutnya, kebijakan tersebut sewaktu-waktu akan diterapkan untuk mengantisipasi kemacetan.

"Kita mungkin akan rekayasa lalu lintas. Contraflow maupun mungkin one way. Paling tidak dari Kalikangkung, Semarang sampai Cawang. Tapi semua akan berlakukan secara situasional," ujarnya, Rabu (5/6/2019).

Ia mengingatkan kepada para pemudik agar tidak memaksakan diri untuk kembali dari kampung halaman pada Sabtu dan Minggu (8-9 Juni 2019) yang diprediksi menjadi puncak arus balik. "Tolong jangan paksakan pulang di Sabtu-Minggu karena prediksinya itu puncak arus balik. Yang bisa pulang Jumat, ya pulang Jumat. Kan sudah lama mungkin di kampung. Yang bisa Senin, Selasa, Rabu, mungkin ada yang ambil cuti," katanya.

Meski begitu polisi tidak bisa melarang pemudik untuk tak kembali ke Jakarta pada 8-9 Juni 2019. Para pemudik yang kembali pada tanggal tersebut diimbau agar menyiapkan keperluan di perjalanan. "Kalaupun Sabtu-Minggu terpaksa, jangan lupa lengkapi diri dengan makanan, obat-obatan, lengkapi dengan BBM yang penuh," ungkapnya.

 

Baca juga:

H-1 Lebaran, Posko Monitoring Angkutan Lebaran Bandara Halim Catat Penurunan Jumlah Arus Mudik

 

Ia menambahkan, salah satu cara untuk menghindari kemacetan adalah dengan melihat pada aplikasi Google Maps. Menurutnya, dengan melihat Google Maps, pemudik dapat mengetahui jalur mana saja yang terdampak kemacetan.

Sebelumnya, pada pertemuan yang dilakukan oleh Korlantas Polri dengan Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub di Gedung Jasa Marga menyebutkan akan memberlakukan one way.

Pelaksanaan one way pada arus balik Lebaran 2019 akan diberlakukan pada 7-10 Juni 2019. One way akan diterapkan mulai Kilometer (Km) 414 Kalikangkung hingga Km 70 Cikampek Utama. Selanjutnya akan diberlakukan contraflow. Pemberlakuan one way tersebut rencananya berlangsung mulai pukul 12.00-24.00 WIB atau sesuai dinamika di lapangan. (jms/cnn/beritasatu/foto:kompas)

 

 

Baca juga:

Begini Cerita WNI di Inggris Berburu Tiket Murah untuk Mudik Lebaran

Responsive image
Other Article
gomuslim
Get it on the play store