:
:
News
Pemerintah Tetapkan 1 Syawal 1440 H Jatuh pada Rabu 5 Juni 2019

gomuslim.co.id Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag) memutuskan 1 Syawal 1440 H jatuh pada Rabu tanggal 5 Juni 2019. Sidang Isbat digelar di Auditorium HM Rasjidi, Kementerian Agama RI, Jl MH Thamrin No.6, Jakarta.

Sidang isbat di pimpin oleh menteri Agama, Lukman Hakin Saifuddin. Dalam sidang isbat dihadiri para duta besar Negara sahabat, Mahkamah Agung (MA), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) serta Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI).

Selain itu, teropong rukyat dilakukan oleh beberpa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN), Badan Informasi Geopasial (BIG), Bosscha Institut Teknologi Bandung (ITB), juga dari Planetarium, Pakar Falak dari Ormas-ormas Islam, Pejabat Eselon I dan II Kementerian Agama serta Tim Hisab dan Rukyat Kementerian Agama.

 

Baca juga:

Kemenag Gelar Sidang Isbat Penetapan Awal Syawal 1440H pada 3 Juni 2019


Dalam sidang tersebut pemantauan hilal (rukyatul hilal) yang dilakukan pada 105 titik lokasi di seluruh Indonesia dari Aceh hingga Papua, terdapat 33 Perukyat dari 33 Provinsi menyatakan tidak melihat hilal.

“Kita telah mendengar paparan dari seorang anggota yang mewakili dari planetarium Jakarta. Kita mengetahui posisi hilal dari tanah air, -1026 menit sampai dengan -005 menit. Posisi hilal dibawah ufuk. Dari hasil tersebut, kami memutuskan bahwa 1 Syawal 1440 H, jatuh pada Rabu, 5 Juni 2019. Dan Esok hari selasa masih berpuasa Ramadhan,” ungkap Menag Lukman dalam konfrensi pers usai Sidang Isbat.

Ia menungkapkan, penetapan ini dibuat dalam dua hal yaitu perhitungan Hisab dan Metode Rukyat.

Sementara itu, Ketua Komisi VIII RI, Ali Taher menyatakan akan terus memberikan keputusan dan informasi yang tepat untuk masyarakat. Katanya, DPR terus mendorong pemerintah untuk membangun kalender yang sama satu dengan yang lainnya. (hmz/gomuslim)

 

Baca juga:

Ini Tanggal Awal Puasa Ramadhan Prediksi Astronomi Uni Emirat Arab

Responsive image
Other Article
Responsive image