:
:
News
I’tikaf Akbar Masjid Sunda Kelapa Dihadiri 6000 Jemaah

gomuslim.co.id – Seperti tahun-tahun sebelumnya, Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) Menteng, Jakarta Pusat, menggelar itikaf akbar. Jamaah itikaf akbar Masjid Agung Sunda Kelapa (MASK) meluber sampai ke halaman masjid.

“Itikat malam ke-27 Ramadhan di Masjid Agung Sunda Kelapa dihadiri sekitar 6.000 jamaah. Dari Jadebotabek. Jamaah meluber hingga ke halaman masjid,” kata Pengurus Masjid Agugn Sunda Kelapa (MASK), Ustaz Sutrisno Muslimin.

 

Baca juga:

Ini Jadwal I'tikaf 10 Malam Terakhir Ramadhan 1440 H di Masjid Agung Sunda Kelapa

 

Ia menambahkan, pada kesempatan tersebut, MASK mengundang  dua penceramah sekaligus. Rangkaian acara dimulai pukul 22.00 WIB yang diawali dengan ceramah pertama oleh Habib Geys Assegaf Lc, MA dengan mengangkat  tema “Pengaruh fikih Maliki di Prancis”.

“Setelah itu, tadarus yang dipimpin oleh Ustaz Bambang dan Ustaz Anshorudin,  keduanya imam rawatib MASK,” tuturnya.

Ceramah kedua, menjelang pelaksanaan qiyamullail, disampaikan oleh Ustaz Das'ad Latif PhD dengan tema berbeda yakni mengangkat tema “Makna hakikat lailatul qadar”.

Das’ad mengajak kepada seluruh jamaah yang hadir untuk berdoa memohon kepada Allah SWT guna  mengadukan setiap permasalahannya dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. “Apalagi malam ini  bertepatan dengan malam 27 Ramadhan. Kata Allah, ‘Ud'uni astajib lakum', yang artinya ‘Berdoalah kepada-Ku niscaya Aku kabulkan’,” paparnya. 

Das’ad menyebutkan tiga syarat agar doa yang dipanjatkan oleh seorang Muslim dikabulkan oleh Allah. Ketiganya adalah, muliakan orangtua, hindari maksiat  atau perbutan dosa, dan memelihara amanah.

Rangkaian acara itikaf dilanjutkan dengan qiyamul lail berjamaah sebanyak 11 rakaat dengan imam Syekh Muhammad Jaber dan Syekh Kamal Al Hatami.

Sutrisno juga mengungkapkan, selama bulan Ramadhan 1440 H, MASK menyiapkan makanan untuk berbuka puasa maupun sahur.  “Selain itu, ada  juga sumbangan nasi box yang berasal dari jamaah MASK  dan warga Menteng yang ingin berbagi bersama,” kata Sutrisno. (nov/dbs/genpico/okezone)

 

Baca juga:

Masuk 10 Terakhir di Bulan Ramadhan, Begini Kiat I'tikaf bersama Keluarga 

Responsive image
Other Article
Responsive image