:
:
News
Ini Imbauan DMI untuk Pengurus Masjid di Sepanjang Jalur Mudik

gomuslim.co.id – Pengurus Masjid dan Mushala di sepanjang jalur mudik lebaran diminta untuk melayani para pemudik yang sedang melakukan perjalanan. Imbauan ini disampaikan Ketua Pengurus Pusat (PP) Dewan Masjid Indonesia DMI, bidang hubungan Antar Lembaga dan Luar Negeri, M.Natsir Zubaidi.

Ia meminta pengurus Masjid memberikan pelayanan baik terkait ibadah atau istirahat untuk para pemudik. Dalam teknisnya, pengurus Masjid dapat bekerja sama dengan instansi terkait seperti Aparat Kepolisian, Kementerian Kesehatan, BPJS, BUMN dan pihak lainnya.

“Pengurus Masjid adalah khadimul masajid dan khadimul ummah yang punya kewajiban untuk melayani umat baik dalam peribadatan maupun kemaslahatan. Terlebih melayani dalam rangka Qiyamurramadhan dan menyambut hari raya Idul Fitri umat Islam yang sudah menjadi Hari Raya Nasional masyarakat Indonesia," ujarnya dalam keterangan, Sabtu (1/6/2019).

Menurutnya, demi memberi kenyamanan bagi para pemudik yang ingin transit, pengurus masjid di jalur mudik bisa menyiapkan tempat wudhu, toilet bersih. Selain itu, penyediaan keperluan minum seperti air mineral.

 

Baca juga:

Meski Sudah Masuk Arus Mudik, Sumbangan Takjil di Masjid Ini Tetap Melimpah

 

“Tujuannya agar pemudik, khususnya yang membawa anak - anak dan mengajak orang tua lebih nyaman. Pelayanan saudara kita yang mau mudik adalah pelayanan bagi para muhajirin dan melayani para musafir,” katanya.

Ia menyebut, pelayanan tersebut merupakan kewajiban yang dilaksanakan bagi setiap individu atau kelompok melalui Institusi Masjid. Baik itu Masjid dalam lingkungan SPBU, rest area, maupun Masjid pemukiman sepanjang jalan jalur mudik di kawasan Jawa, Sumatera dan tempat lain seluruh Indonesia.

“Kepada para pemudik, taati peraturan lalu lintas, jaga kesehatan dan kebersihan selama perjalanan pulang ke kampung halaman. Terus berdoa agar Allah SWT selalu memberi kelancaran dalam perjalanan sampai tempat tujuan,” pesannya. (jms/rep/rls)

 

Baca juga:

Astra Honda Motor Sediakan Takjil Gratis bagi Pemudik

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store