:
:
News
Aceh Culinary Festival 2019 Hadirkan Citarasa Makanan Khas Serambi Mekkah

gomuslim.co.id - Aceh Culinary Festival (ACF) 2019 yang akan berlangsung selama 3 hari sejak mulai 5 sampai 7 Juli 2019 ini nantinya akan diisi berbagai agenda menarik, seperti The Food Market, pameran kuliner dengan 1000 macam variasi makanan dan minuman yang terbagi di 6 zona utama.

“Ada enam zona yang kita hadirkan, mulai zona Rumoh Makan Aceh, zona Aceh Food Market, zona Nusantara Food Market, zona The World Gourmet, zona Fusion Food, dan zona Food Innovation,” jelas Jamaluddin.

Selain pembagian zona, sebut Jamaluddin, berbagai kelas menarik seputar kuliner juga akan mengisi kegiatan Culinary Camp yang berisi 50 sesi demo masak, workshop dan diskusi mengenai kuliner.

Kelas-kelas kuliner ini akan menambah pengetahuan Anda tentang kuliner Aceh mulai dari bahan baku, bumbu hingga proses memasak serta cerita dibalik hidangan istimewa tersebut. Ahli Kuliner mulai dari Chef, Researcher, Food Writer, Blogger, Food Photographer, Gastronomist, Food Stylist hingga Mixologist berskala lokal, nasional dan internasional akan hadir meramaikan AFC 2019.

Ada satu hal menarik yang tidak pernah ketinggalan di AFC, ajang khanduri bersama. Khanduri adalah budaya makan bersama yang sangat kental di Aceh. Hampir semua siklus hidup masyarakat Aceh dirayakan dengan Khanduri.

Tahun ini pun, panitia telah menyiapkan berbagai khanduri yang bisa dinikmati pengunjung secara gratis. Salah satunya adalah Khanduri Bu Prang, santapan khas sarapan di Aceh.

Bagi kamu para ahli masak, jangan lewatkan juga kompetisi memasak Koki Aceh Indonesia yang akan memperebutkan hadiah total Rp. 20 Juta. Bagi yang hobi makan, panitia juga telah menyiapkan arena lomba khusus untuk kompetisi Culinary Pageant yang memperebutkan gelar Mr. & Ms. Gourmet Aceh 2019.

Ajang pageant ini sangat berbeda. Peserta tidak akan melenggak-lenggok di catwalk, tapi akan ditantang adu cepat menyantap berbagai kuliner autentik Aceh.

Selain itu, Kepala Bidang Bidang Sejarah dan Nilai Budaya Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Irmayani mengatakan dari tahun ke tahun animo para pelaku industri kuliner di Aceh terus meningkat untuk berpartisipasi dalam Aceh Culinary Festival.

“Makanya pada tahun ini, kita mulai mendata lewat pendaftaran stand sehingga pelaku industri kuliner yang tertampung bisa lebih banyak. Mengingat panitia juga telah menyediakan stand lebih banyak dari tahun sebelumnya,” kata Irma.

 

Baca juga:

Libatkan Partisipan dari 23 Kabupaten/Kota, Aceh Culinary Festival Siap Digelar pada Juli 2019

 

 

Setiap tahunnya seratusan pedagang kuliner berpartisipasi dalam kegiatan AFC ini, mereka juga sukses meraup omset fantastis yang digelar 3 hari ini.

Pada tahun sebelumnya, seorang pedagang sate asal Sabang mengaku transaksi penjualannya mencapai puluhan juta rupiah. Sementara pedagang pentol (salah satu cemilan asal Bandung) yang menjual dagangannya Rp. 5000/porsi juga mengklaim pendapatan Rp 8 juta dalam setengah hari penjualan saja.

Irma juga menyebutkan, bagi para penggiat kuliner khas Aceh, nusantara dan juga makanan internasional yang ingin bergabung dalam AFC dapat segera mendaftar, proses registrasi mudah dan bisa dilakukan dengan mengisi formulir pendaftaran daring lewat tautan http://bit.ly/FormulirTenantACF2019.

“Proses registrasi akan ditutup pada tanggal 1 Juni nanti serta dilanjutkan dengan proses seleksi. Calon pengisi stand akan dinilai dari segi profil usaha dan produk, konsep, pengalaman mengikuti pameran sejenis dan kontribusi calon peserta terhadap pelaksanaan acara,” paparnya.

Jadi, buat kamu yang ingin mendaftarkan usaha atau produk kuliner, tunggu apalagi. Informasi AFC 2019 secara resmi juga bisa dilihat lewat akun Instagram @acehculinaryfestival atau menghubungi narahubung Arief Rahman di 085360068085. (disbudparaceh/dbs/foto: ist)

 

Baca juga:

Calendar of Event Kemenpar 2019 Hadirkan Festival Budaya Hingga Kopi 

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store