:
:
News
LSP LPPOM MUI  Siap Sertifikasi Auditor Halal yang Pertama di Dunia

gomusllim.co.id - Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) LPPOM MUI siap menghadapi pemberlakuan Undang-undang No. 33 Tahun 2014 tentang Jaminan Produk Halal (UU JPH) dengan penambahan ruang lingkup skema sertifikasi yakni sertifikasi auditor halal. Dengan adanya ruang lingkup ini menjadikan LSP LPPOM MUI satu-satunya lembaga yang akan melakukan sertifikasi kepada auditor halal yang akan memeriksa kehalalan produk sesuai amanat UU yang tercantum pada pasal 10 UU JPH.

Kepala LSP LPPOM MUI, Ir. Nur Wahid, M.Si., mengatakan skema auditor halal ini menjadi milestone dalam proses sertifikasi halal di Indonesia di mana auditor akan disertifikasi dan diakui oleh negara. Secara kompetensi, auditor halal yang selama ini  dilakukan secara internal oleh LPPOM MUI, kini dilakukan secara objektif oleh lembaga independen di bawah BNSP.

 

Baca juga:

Kemenag Gelar Pelatihan Perdana untuk Calon Auditor Halal

 

Sementara itu, Komisioner BNSP, Muhammad Zubair mengatakan bahwa sertifikasi auditor ini merupakan langkah penting dalam memastikan auditor yang kompeten. Skema sertifikasi auditor halal ini merupakan yang pertama di dunia.

"Sertifikasi auditor halal ini untuk memastikan auditor mempunyai kompetensi dalam melakukan pemeriksaan produk halal. Penilaian dari pemeriksaan tersebut harus dipertanggungjawabkan di dunia dan akhirat, makanya harus dipastikan kompetensinya," lanjut Zubair.

Lebih lanjut, Muhammmad Zubair mengatakan bahwa sekarang ini sertifikat kompetensi auditor berlaku secara global termasuk ASEAN, China, dan India. (nov/halalmui)

 

Baca juga:

UNAIR Jadi Tuan Rumah Kongres Perhimpunan Auditor Halal Indonesia

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store