:
:
News
Platform Xdana Syariah Targetkan 10 Ribu Investor Baru

gomuslim.co.id – Pilihan produk reksa dana syariah kini semakin beragam. Salah satunya bisa melalui aplikasi Xdana Syariah yang baru-baru ini dirilis PT Xdana Investa Indonesia. Aplikasi ini menjadi platform jual beli beragam produk reksa dana syariah di segala aset kelas.

Menurut Direktur Xdana Investa lndonesia Inmas Suryati Sihombing, aplikasi jual beli reksa dana syariah ini merupakan yang pertama di Indonesia. Dalam aplikasi Xdana Syariah ini, ada sepuluh produk reksa dana syariah yang diperjual belikan.

“Aplikasi ini diluncurkan sejalan dengan meningkatnya kebutuhan masyarakat terhadap akses investasi reksa dana. Harapan kami Xdana jadi solusi dan jembatan bagi investor yang berminat pada produk reksa dana khususnya dari syariah," ujarnya, Jumat, (17/05/2019).

Inmas juga berharap, dengan adanya aplikasi ini, bisa meningkatkan jumlah investor reksa dana dari produk syariah. “Kita menargetkan mendapat tambahan 10.000 investor atau nasabah baru yang tergabung sampai akhir tahun 2019,” ungkapnya.

Menurutnya, selama ini potensi pasar untuk produk reksa dana syariah masih sangat besar. Dalam lima tahun terakhir saja, produk reksa dana syariah tumbuh signifikan. Di 2014 produk reksa dana syariah yang terdaftar sebanyak 74 produk dan di 2019 jumlahnya meningkat jadi 242 produk.

Di tahun 2014 produk reksa dana syariah terdaftar sebanyak 74 produk dan di tahun 2019 bertambah menjadi sebanyak 242 produk. Demikian total asset atau dana kelolaan produk reksa dana syariah per-22 Maret 2019 telah mencapai 34,62 Trilyun atau bertumbuh sekitar 24,7% dari tahun 2017.

“Pertumbuhan ini menjadi salah satu indikator bahwa makin maraknya produk reksa dana syariah dan makin bertambahnya minat masyarakat terhadap produk reksa dana syariah sebagai alternatif investasi,” katanya.

 

Baca juga:

Milad ke-19, FoSSEI Buka Perdagangan Saham di Bursa Efek Indonesia

 

Sementara itu, Direktur Perdagangan dan Pengaturan Anggota Bursa PT Bursa Efek Indonesia (BEI) Laksono W. Widodo menyambut baik adanya aplikasi Xdana Syariah ini. Menurutnya, aplikasi ini bisa mendorong investor untuk bisa lebih mudah mengakses produk reksa dana syariah sekaligus menambah jumlah investor.

"Ke depan kami harap investor bisa berinvestasi pada produk reksa dana syariah dengan mudah dan mendorong meningkatnya jumlah investor pasar modal khususnya di syariah," tuturnya.

Untuk diketahui, Xdana Investa Indonesia merupakan perusahaan yang memiliki platform dan aplikasi-aplikasi investasi reksa dana. Perusahaan ini tercatat sebagai salah satu Agen Penjual Efek Reksa Dana (APERD) di Otoritas Jasa Keuangan. Selain aplikasi Xdana Syariah, perusahaan telah lebih dahulu meluncurkan Xdana Cash dan Xdana Pro.

Xdana Pro berisi 40 produk reksa dana dari 8 manajer investasi. Sedangkan Xdana Cash aplikasi khusus untuk reksa dana pasar uang dan terdiri dari satu produk reksa dana pasar uang.

Adapun, aplikasi Xdana sendiri dapat diunduh melalui play store dan apps store. Minimum investasi mulai dari Rp 10.000 dan tidak dikenakan biaya investasi. (jms/tempo/kontan)

 

Baca juga:

Bareksa dan Tokopedia Permudah Masyarakat Investasi Reksa Dana Mandiri Pasar Uang Syariah Ekstra

 

Responsive image
Other Article
Responsive image