:
:
News
Waspada! BPOM Sulawesi Barat Temukan Makanan Buka Puasa Mengandung Pewarna Pakaian

gomuslim.co.id – BPOM Sulawesi Barat menemukan makanan dan minuman berbuka puasa atau takjil yang mengandung pewarna pakaian atau tekstil. BPOM Sulawesi Barat melakukan razia dan uji laboratorium terhadap 21 sampel makanan dan minuman yang warnanya mencolok mata. Makanan-makanan tersebut akan dipastikan apakah mengandung rodamin b atau pewarna tekstil yang berbahaya bagi kesehatan atau tidak.

Dari 21 sampel makanan yang diuji, petugas menemukan jenis kerupuk yang mengandung rodamin b atau zat pewarna tekstil. Zat pewarna tekstil sangat berbahaya jika dikonsumsi manusia terus menerus sebab dapat menimbulkan kanker. Sementara untuk jenis makanan lainnya seperti kue dan es buah tidak ditemukan zat yang berbahaya.

 

Baca juga:

Dompet Dhuafa Jabar Siap Berbagi Takjil Buka Puasa dengan Car A Van

 

"Untuk makanan yang diketahui mengandung zat berbahaya, petugas kemudian menyita makanan berbahaya tersebut dan meminta pemiliknya untuk tidak lagi menjualnya, karena berpotensi menyebabkan penyakit kanker," kata Kepala BPOM Sulawesi Barat Netty Nurmuliawaty.

Petugas mengimbau kepada masyarakat supaya lebih waspada dengan makanan yang beredar di pasaran. Makanan tanpa disertai daftar komposisi makanan yang dikeluarkan oleh Kementerian Kesehatan patut dicurigai.  (nov/dbs/kompas)

 

Baca juga:

Polres Metro Bekasi Kota Ajak Insan Pers Gelar Bagi-Bagi Takjil

Responsive image
Other Article
Responsive image