:
:
News
Ini Daftar Pesepak Bola Muslim yang Akan Berlaga di Semifinal Liga Champions 2018/2019

gomuslim.co.id – Deretan pemain muslim menjadi sorotan jelang laga leg kedua semifinal Liga Champions 2018/2019. Pertandingan pada babak ini dihelat bersamaan dengan bulan suci Ramadhan. Pada bulan ini, umat Islam di seluruh dunia mendapat kewajiban menjalankan ibadah puasa selama sebulan penuh.

Ada empat tim besar yang masuk dalam babak semifinal Liga Champions tahun ini yakni Ajax Amsterdam, Tottenham Hotspur, Barcelona dan Liverpool. Keempat tim akan bertarung agar bisa lolos ke laga final yang digelar di Madrid.

Leg kedua antara Liverpool berhadapan dengan Barcelona di Stadion Anfield akan digelar pada Selasa (7/5/2019) waktu setempat. Sedangkan Ajax melawan Tottenham Hotspur di Johan Cruyff Arena berlangsung pada Rabu (8/5/2019).

Di kubu Liverpool, ada empat pemain yang beragama Islam antara lain Xherdan Shaqiri, Sadio Mane, Mohamed Salah, dan Naby Keita. Namun untuk Shaqiri dan Keita kemungkinan absen pada laga ini. The Reds (julukan Liverpool) menjadi tim yang memiliki pemain muslim paling banyak dibandingkan tiga tim lain yang tampil di semifinal.

Sementara di kubu Ajax, ada dua pemain muslim yang masuk dalam daftar yakni Noussair Mazraoui dan Hakim Ziyech. Sedangkan, di kubu Tottenham Hotspur ada nama Moussa Sissoko dan Serge Aurier yang merupakan muslim.

Adapun, di kubu Barcelona, hanya ada satu pemain muslim yaitu Ousmane Dembele yang kemungkinan besar juga tidak akan tampil melawan Liverpool.

Tetap Puasa Saat Bermain

Sebagian pemain muslim ini menyatakan akan tetap berpuasa meski ada pertandingan leg kedua semifinal Liga Champions. Duo muslim dari Ajax, Mazraoui dan Ziyech, telah meminta izin kepada klubnya untuk berpuasa di bulan suci.

Kedua pemain yang berasal dari Maroko tersebut selama ini jadi andalan di lini tengah Ajax. Khusus untuk Ziyech, dia jadi salah satu penyumbang gol dan asisst paling banyak untuk Ajax. Pemain berusia 26 tahun tersebut telah mencetak 18 gol dan 13 assist di semua kompetisi untuk Ajax.

 

Baca juga:

Klub Sepak Bola Eropa Ramai-Ramai Ucapkan Selamat Ramadhan

 

Meski demikian, pelatih fisik Ajax, Raymond Verheijen mengingatkan kepada mereka tentang sejumlah kemungkinan yang akan dihadapi atas pilihan tersebut. Ia menyebut, puasa menjadi tanggung jawab Ziyech dan Mazraoui.

Menurutnya, situasi yang dihadapi Ajax di Liga Champions ini ekstrem dan semua orang berhati-hati tentang itu. Tubuh akan kaget dalam beradaptasi karena mereka akan mengubah pola latihan dan diet setelah 11 bulan.

"Jika Anda melakukan ini sekarang, di pekan terbaik seperti ini, sangat berisiko. Kadar gula dalam darah akan rendah, dan itu berarti mereka hanya memiliki sedikit energi. Hal ini juga akan melemahkan otot-otot dalam tubuh," kata Verheijen seperti dilansir dari publikasi Mirror, Selasa (7/5/2019). (jms/viva/mirror)

 

Baca juga:

Hadapi Barcelona, Salah dan Mane Tetap Berpuasa

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store