:
:
News
Warga Muslim Afrika Barat Resmi Miliki Alquran dengan Terjemahan Bahasa Utama Ghana

gomuslim.co.id - Sejalan dengan tujuan memperluas populasi Muslim Ghana, Al-Qur'anakhirnya diterjemahkan ke dalam dialek Asante dari bahasa Akan, bahasa yang paling banyak digunakan di negara Afrika Barat, Prime News Ghana melaporkan.

“Proses penting ini memakan waktu sekitar empat tahun untuk menerjemahkan Al-Qur'an Suci dari bahasa Arab ke Asante. Terjemahan Al-Qur'an ini akan membantu dengan pemahaman dan apresiasi yang lebih baik terhadap kitab suci tersebut untuk membantu mereka yang tidak dapat membaca atau menulis bahasa Arab di Ghana,”  jelas Harun Nkansah Agyekum saat upacara di Kumasi, ibu kota Wilayah Ashanti di Ghana tengah.

Selama upacara, seorang mantan Imam Kepala Angkatan Bersenjata Ghana, Letnan Kolonel Umar Sanda Ahmed, memberi selamat kepada Sheikh Agyekum untuk proyek yang luar biasa dan meminta Allah untuk memberinya ganjaran atas prestasinya yang luar biasa dan telah lama dinanti-nantikan.

“Sudah menjadi norma di kalangan Muslim Ghana untuk berkonsentrasi pada hal-hal materi dan mengabaikan pendidikan agama dan pengembangan spiritual. Tetapi sekarang, berkat pencapaian ini, akan lebih mudah untuk melakukan kontak secara teratur dengan Al-Qur'an, "ungkap Ahmed.

 

Baca juga:

Kemenag Luncurkan Alquran Terjemah dalam Tiga Bahasa Daerah Pekan Ini

 

Atas namanya, Sheikh Abdul Mumin, Imam Ashanti Regional, mendesak Akan Muslim selama perayaan itu untuk membeli versi terjemahan Al-Qur'an yang baru dan mendapatkan pemahaman yang lebih baik tentang isinya.

Selain itu, Kepala Eksekutif 'Ameen Scientific Herbal Clinic', Syekh Dr. Amin Bonsu, mendesak para peserta dan Muslim Ghana secara umum untuk memanfaatkan pencapaian baru dengan memiliki keyakinan pada kata-kata kitab suci dan hidup dengan nya aturan dan ajaran.

Menerjemahkan Al-Qur'an ke dalam dialek Asante akan memudahkan membacanya untuk jutaan Muslim di Ghana serta di negara-negara Afrika, Amerika Selatan dan Karibia lainnya seperti Pantai Gading, Suriname, dan Jamaika.

Untuk diketahui, dialek Asante adalah cabang dari dialek Twi dari bahasa Akan. Asante dituturkan oleh lebih dari 2,8 juta orang Ashanti, menurut perkiraan 2015. Menurut sensus nasional Pantai Gading 2017, Muslim dari semua etnis membentuk kelompok agama utama dengan 43% pluralitas. Di Ghana, sensus 2012 dari Layanan Statistik Ghana menempatkan jumlah Muslim di 45% yang berasal dari berbagai etnis selain Akan.

Muslim Ghana merupakan mayoritas di Ghana utara ketika Islam mulai menyebar di negara itu sejak abad ke-10 sebelum agama Kristen yang datang kemudian pada abad ke-15.

Versi pertama Al-Qur'an yang diterjemahkan ke Yao, bahasa yang digunakan di antara mayoritas Muslim di Malawi dirilis pada Januari 2017. Seorang dosen di Universitas Sofia juga kembali ke Islam setelah mempelajari dan menerjemahkan kitab suci ke dalam bahasa Bulgaria pada tahun 2015.

Terjemahan lain dari Al-Qur'an ke bahasa Samoa, yang digunakan oleh orang-orang di pulau-pulau Samudra Pasifik juga dirilis pada Mei 2017. Versi terjemahan lain dari Alquran Suci ke dalam Kirundi, salah satu dari dua bahasa resmi negara Afrika Timur, juga dirilis pada bulan Desember 2017. Ada beberapa terjemahan oleh penulis yang berbeda dalam bahasa yang sama seperti bahasa Inggris. (fau/png/dbs/foto: muslimobbsession)

 

Baca juga:

Dua Muslim asal Texas Ini Kirimkan 150 Alquran Braille ke Masjid Amerika

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store