:
:
News
Ini Persiapan Dua Masjid Suci Sambut Ramadhan

gomuslim.co.id - Situs-situs suci Islam, Masjidil Haram di Makkah dan Masjid Nabawi di Madinah, sepenuhnya siap menyambut ribuan peziarah Muslim selama bulan puasa suci Ramadhan. Kepresidenan untuk Urusan Dua Masjid Suci menyiapkan sejumlah layanan untuk para tamu Allah selama menjalankan ibadah.

Kepala Kepresidenan Dua Masjid Suci, Syekh Abdurahman Al-Sudais, mengatakan departemen kota dan badan sipil telah menawarkan layanan terbaik bagi umat Muslim ke kota-kota suci selama Ramadhan, yang menandai puncak musim Umrah tahunan.

“Kami melakukan beberapa kampanye untuk memberikan sentuhan akhir pada rencana operasi untuk bulan suci. Kami menyetujui rencana Ramadhan di delapan bidang penting seperti layanan, administrasi, keuangan, media, hubungan masyarakat, bimbingan, serta bidang ilmiah, intelektual dan teknik," ujarnya seperti dilansir dari publikasi Saudi Gazette, Jumat (3/5/2019).

Lebih lanjut, Al-Sudais mengatakan bahwa ia telah berdiskusi dengan para imam dan khotib dari Masjid Suci tentang aspek-aspek penerapan rencana Ramadhan. Dia juga telah menyelesaikan jadwal imam yang akan memimpin shalat wajib, tarawih dan doa malam selama bulan suci.

Mayor Jenderal Salem Al-Matrafi, Direktur Pertahanan Sipil di Mekah, dan Mayjen Abdurahman Al-Harbi, direktur Pertahanan Sipil di Madinah, mengatakan Pertahanan Sipil mengerahkan semua sumber daya untuk mengimplementasikan rencana Ramadhan sehingga memungkinkan para jamaah untuk ibadah dengan mudah dan nyaman.

 

Baca juga:

Sambut Ramadhan, Masjidil Haram Siapkan Layanan Terbaik

 

Menurut para pejabat, agensi Kepresidenan Haram di Madinah telah mengerahkan lebih dari 5.000 karyawan dan pekerja kebersihan di Masjid Nabawi untuk persiapan Ramadhan.

Ramadhan adalah bulan ke-9 dalam kalender Hijriah Islam. Bulan ini merupakan bulan di mana Alquran pertama kali diturunkan kepada Nabi Muhammad (SAW). Puasa seluruh bulan Ramadhan adalah salah satu dari Lima Rukun Islam.

Lebih jauh, malam Lailatur Qadr diamati selama satu dari sepuluh hari terakhir bulan Ramadhan, khususnya malam yang ganjil. Orang Muslim percaya bahwa shalat sepanjang malam ini dihargai sama dengan sholat selama seribu bulan (lebih dari 83 tahun yaitu, seumur hidup).

Umat Muslim mendedikasikan waktu mereka selama bulan suci untuk lebih dekat kepada Allah melalui doa, pengendalian diri, dan perbuatan baik. Ramadhan adalah bulan yang diberkati di mana ganjaran untuk semua perbuatan baik kita berlipat ganda. (jms/saudigazzate)

 

 

Baca juga:

Arab Saudi Akan Perluas Pelayanan Terjemahan di Masjid Al Haram

Responsive image
Other Article
Responsive image