:
:
News
Masjid 99 Kubah Sulsel Siap Digunakan untuk Shalat Tarawih Ramadhan Tahun Ini

gomuslim.co.id - Pemerintah provinsi Dinas Pengelolaaan Sumber Daya Air (PSDA) Sulawesi Selatan (Sulsel) sebagai leading sektor pembangunan Masjid 99 Kubah menyatakan bahwa masjid sudah bisa dipakai untuk beribadah sholat tarawih di bulan Ramadhan.

"Masjid 99 kubah yang berada di kawasan Center Point of Indonesia (CPI) Jl Metro Tanjung Bunga, Kota Makassar saat ini sudah masuk 70 persen progres fisik konstruksi,” tutur Kepala Dinas PSDA Sulsel, Andi Darmawan, Senin (29/04/2019).

Sebesar 30 persen fisik yang belum dikerjakan itu adalah pemasangan kubah sebanyak 17 unit, penataan pelataran masjid, sebagian tempat wudhu, dan kantor pengelola masjid. Khusus untuk kubahnya, itu masih ada 17 yang belum terpasang dari total 99 kubah.

Saat ini, masjid berhadapan langsung dengan Pantai Losari Makassar itu untuk sementara tidak dilakukan aktivitas pembangunan konstruksi.

Pasalnya, Gubernur Sulsel HM Nurdin Abdullah melalui Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Daerah melakukan audit dan eksistensi anggaran pembangunan masjid dengan gaya timur tengah ini.

"Pembangunan tetap berlanjut, hanya saja untuk sementara tidak ada aktivitas karena sedang dilakukan audit. Tapi melihat kondisi yang ada, meski belum 100 persen, masjid sudah bisa dipakai shalat," tutur mantan Kabiro Humas dan Protokol Pemprov Sulsel.

 

Baca juga:

Masjid 99 Kubah Sulsel Mulai Beroperasi Ramadhan Tahun Ini

 

Sementara, untuk pengelolaan masjid akan ditangani oleh OPD, atau juga pengurus masjid yang ingin terlibat langsung dalam pengelolaan masjid.

"Untuk pengelolaan kita serahkan ke OPD yang menangani soal keagamanaan, kami di PDDA hanya membangun fisiknya," tambahnya.

Namun, untuk pengelolaan seutuhnya belum bisa diserahkan sepenuhnya, pasalnya bangunan masjid masih dalam tahap pengerjaan. Aturan pemerintah, pelaksanan sebuah proyek baru akan diserahkan pengelolaannya jika proyek tersebut progresnya sudah 100 persen.

Untuk masjid kubah sendiri masih 70 persen progres pembangunan. Pembangunan masjid ini dibangun melalui anggaran daerah (APBD) Sulsel dengan total sebesar Rp 176 miliar. Desain masjid ini melibatkan arsitektur lokal dan luar. Khusus untuk luar ditangani langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, sedangkan lokal Mursif. (nat/tribun/dbs/foto:youtube)

 

 

Responsive image
Other Article
Responsive image