:
:
News
Jurnalis Foto asal Palestina Ini Jadi Juara Pertama di Istanbul Photo Awards 2019

gomuslim.co.id – Jurnalis foto dari Agence France Presse (AFP), Ahmad Gharabli yang membidik momen tentang seorang wanita Palestina dan petugas keamanan Israel mengambil foto satu sama lain dipilih sebagai juara pada Istanbul Photo Awards 2019, yang diselenggarakan oleh Anadolu Agency.

Dalam kategori Single News, foto Gharabli Palestina berusia 40 tahun yang diambil di jalan Yerusalem mendapat hadiah utama dalam kontes, yang diadakan di Istanbul, ibukota seni dan budaya Turki.

Badan Kerjasama dan Koordinasi Turki dan Turkish Airlines mensponsori kontes foto berita internasional, di mana juri ahli internasional memilih pemenang di semua kategori pada 19-23 April 2019. Kompetisi foto ini terutama berfokus pada berita dan foto olahraga, kontes ini memiliki empat kategori: Berita Tunggal, Berita Cerita, Olahraga Tunggal, dan Olahraga Cerita.

Deborah Copaken, seorang penulis atau jurnalis foto Amerika bergabung dengan juri untuk pertama kalinya tahun ini sebagai ketua wanita.

"Penambahan ponsel ini menjadikannya semacam pernyataan universal tentang di mana kita berada dalam pengumpulan berita hari ini. Karya foto ini juga gambar yang sangat bagus dan itu adalah gambar yang belum terlalu banyak dilihat," kata Marion Mertens, pemimpin redaksi digital Paris Match, anggota juri lainnya.

Pada foto pemenang hadiah utama tahun ini, anggota dewan juri Rusia Yuri Kozyrev dari Rusia, seorang jurnalis foto dengan NOOR Agency yang berbasis di Belanda, yang juga salah satu anggota dewan juri, mengatakan ini adalah contoh yang kuat tentang bagaimana perang naratif telah menjadi lebih penting daripada perang fisik karena teknologi baru.

 

Baca juga:

Cari Perhatian Dunia, 27 Orang Daki Gunung Everest Minta Kebebasan 5.700 Warga Palestina

 

'Tampilan menarik'

Hadiah kedua dalam Kategori Berita Tunggal diberikan kepada Daniel Ochoa de Olza, 41 tahun, seorang fotografer dokumenter untuk Associated Press. Foto Olza menunjukkan sekelompok migran yang melompati perbatasan AS-Meksiko pada malam hari.

"Ini adalah pandangan yang sangat menarik tentang apa yang terjadi pada para migran ketika mereka melintasi perbatasan. Gambar yang kami pilih adalah seorang wanita berlutut, agak menangis, dia bahkan tidak mengenakan Rompi Kuning. Dan dalam gambar itu, Anda memahami dorongan dari seluruh gerakan ini," kata Copaken.

Elyxandro Cegarra, seorang freelancer berusia 41 tahun mendapat hadiah ketiga dalam kategori yang sama, dengan pemotretannya selama protes Yellow Vest terhadap kenaikan pajak bahan bakar di Paris.

Memuji foto kedua dan ketiga yang dipilih oleh juri, Mertens mengatakan cerita kuat. Gambar dan komposisi kuat.

“Saya pikir kami memiliki beberapa jurnalisme foto berkualitas tinggi. Kami senang karenanya,” katanya.

Dalam kategori Story News, serangkaian jurnalis foto Meksiko Guillermo Arias (44), seorang kontributor reguler untuk Agence France Presse (AFP), mendapat hadiah utama. Seri ini menunjukkan perjalanan berbahaya ribuan migran Amerika Tengah ke AS.

Seri fotografer Getty Images, Chris McGrath, yang berusia empat puluh tahun, diambil setelah pembunuhan jurnalis Saudi Jamal Khashoggi di Konsulat Saudi di Istanbul mendapatkan hadiah kedua dalam kategori yang sama.

Pemenang hadiah ketiga dalam kategori Story News diberikan kepada freelancer asal Indonesia, Ulet Ifansasti, untuk foto-fotonya yang menunjukkan dampak gempa bumi dan tsunami di 2018 di Sulawesi.

Kategori olahraga

Dalam Kategori Olahraga Tunggal, jurnalis foto Jerman Matzke Stefan, 56, mendapat hadiah pertama untuk fotonya yang menunjukkan peselancar ombak besar Sebastian Steudtner dari Jerman mengalami penghancuran di Praia do Norte yang terkenal di Nazare, Portugal.

Freelancer yang berbasis di AS Terrell Groggins, 37, mendapat hadiah kedua dalam kategori yang sama dan fotografer Reuters Lenoir Francois, 46, dari Belgia, mendapat peringkat ketiga.

Dalam kategori Story Sports, hadiah utama diberikan kepada freelancer Iran Forough Alaei, 30, dengan fotonya menceritakan kisah seorang gadis berusia 22 tahun yang menyamar sebagai pria untuk memasuki stadion sepak bola.

Jurnalis foto Getty Images Ezra Shaw, 45, mendapat hadiah kedua dalam kategori yang sama dan freelancer Belgia Alain Schroeder, 64, mendapat ketiga.

Pemenang Foto Tahun Ini akan diberikan $ 8.000, sedangkan pemenang dalam kategori lain akan diberikan $ 5.000 untuk hadiah pertama, $ 3.000 untuk hadiah kedua, dan $ 1.500 untuk ketiga. Foto-foto pemenang akan dikompilasi dalam buku tahunan dan akan ditampilkan di pameran di Turki dan luar negeri sepanjang tahun. (fau/anadoluagency/dbs)

 

Baca juga:

Bantu Dua Juta Warga Palestina, Presiden Jordan MAP Resmikan Klinik Baznas Indonesia

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store