:
:
News
Lewat Sektor Digital, Arab Saudi Siap Buka 561.000 Pekerjaan Baru

gomuslim.co.id – Pemerintah Arab Saudi mengumumkan rencana ambisius untuk menciptakan lebih dari 561.000 pekerjaan di sektor swasta pada tahun 2023. Langkah tersebut merupakan bagian dari era digital baru untuk pasar tenaga kerja Kerajaan.

Pernyataan ini disampaikan langsung Menteri Perburuhan dan Pembangunan Sosial Ahmad Al-Rajhi, saat peluncuran Qiwa. Platform online ini dibuat untuk menggabungkan semua layanan ketenagakerjaan negara di bawah satu atap elektronik.

Lewat digitalisasi, Kementerian Tenaga Kerja dan Pembangunan Sosial berharap tidak hanya meningkatkan kesempatan kerja bagi pria dan wanita Saudi. Lebih dari itu, dapat meningkatkan efisiensi dan produktivitas di tempat kerja serta menarik investasi internasional.

"Kementerian telah mengadakan kemitraan dan perjanjian untuk menyelesaikan lebih dari 561.000 peluang kerja di sektor swasta hingga 2023. Sebanyak 45.000 warga Saudi telah memasuki pasar tenaga kerja dalam tiga bulan terakhir,” ujarnya seperti dilansir dari publikasi Arab News, Kamis (25/04/2019).

Platform ini nantinya akan mengkonsolidasikan layanan elektronik terkait ketenagakerjaan yang telah ditawarkan kepada pencari kerja, karyawan, dan pengusaha. Selanjutnya, pemerintah setempat sedang menyiapkan rencana untuk memasukkan 71 layanan lain ke dalam sistem.

Program Qiwa bertujuan untuk memberikan data informasi statistik kepada para pejabat pemerintah Saudi untuk mengatasi tantangan bisnis yang dihadapi pengusaha dan karyawan. Selain itu, program ini diharapkan dapat membantu menciptakan peluang kerja baru, dan mencapai tujuan Visi 2030 untuk mengurangi tingkat pengangguran menjadi 7 persen.

 

Baca juga:

Arab Saudi Akan Kirim Imam Masjid untuk Pimpin Shalat Tarawih selama Ramadhan di 35 Negara

 

“Tujuan utama lainnya adalah untuk meningkatkan lingkungan bisnis Kerajaan secara strategis agar lebih menarik bagi investor lokal dan internasional. Platform Qiwa akan berdampak pada motivasi investor,” ungkapnya.

Ini juga akan merekayasa ulang kebijakan dan prosedur untuk semua layanan yang diberikan kepada individu dan perusahaan. Platform yang kuat yang akan membuat lompatan kuantum di dunia bisnis dan mengubah pasar Saudi menjadi pasar yang menarik untuk peluang dan potensi kompetensi.

"Layanan ini disediakan dalam bahasa Arab dan Inggris untuk memungkinkan investor asing mendapatkan manfaat dari layanan platform yang kuat," jelasnya.

Layanan elektronik mencakup program-program untuk mendorong orang-orang Saudi untuk mengakses pekerjaan di wilayah mereka dengan meningkatkan lingkungan tempat kerja dan membuatnya lebih menarik bagi pria dan wanita.

Sektor publik Kerajaan dengan cepat beradaptasi dengan standar internasional dan tuntutan pasar tenaga kerja dengan layanan digital. Kementerian menggunakan metode manajemen bisnis terbaru untuk membantu organisasi publik dalam meningkatkan kompetensi dan produktivitas pekerja sambil menciptakan pasar tenaga kerja yang kompetitif agar dapat bermitra dengan sektor swasta. (jms/arabnews)

 

 

Baca juga:

SCTH Saudi Canangkan Pembangunan 33 Destinasi Wisata Halal

Responsive image
Other Article
Responsive image
gomuslim
Get it on the play store