:
:
News
Didukung Pemprov, MUI Babel Akan Canangkan Kampung Pangan Halal

gomuslim.co.id — Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bangka Belitung (Babel) bekerjasama dengan Provinsi Babel membuat Kampung Pangan Halal. Kampung Pangan Halal itu merupakan program strategis Pemprov Bangka Belitung. Sekretaris Umum MUI Babel H Ahmad Luthfi mengatakan program Kampung Pangan Halal ini akan mulai dibahas bersama pada 15 April 2019.

Selain itu, dia menegaskan setiap daerah kabupaten dan kota di Bangka Belitung akan dijadikan satu kabupaten satu Kampung Pangan Halal.

"Dari enam kabupaten satu kota itu diminta oleh kebijakan pak gubernur kita untuk bisa mempunyai destinasi Kampung Pangan Halal minimal satu kabupaten satu Kampung Pangan Halal," katanya.

Nantinya, kata Ahmad Luthfi, para wisatawan asing maupun lokal ketika mengunjungi Babel tidak akan kesulitan mencari di mana produk-produk pangan dan bahan gunaan halal dan menyehatkan dijual.  "Maka memudahkan bagi mereka yang berwisata membutuhkan tempat pusat oleh-oleh halal," katanya.

 

Baca juga:

Kepala BPJPH: Sertifikasi Halal Masih Bersifat Sukarela, Tapi Mulai Oktober Semua Produk Wajib

 

Lebih lanjut, Ahmad Lutfi menyampaikan Progam Kampung Pangan Halal ini bisa meningkatkan ekonomi masyarakat setempat. Apalagi sudah ada satu daerah di Babel  yang berani menjadikan daerahnya galeri UMKM halal. Program ini perlu dukungan semua pihak meunju Babel sebagai pusat wisata halal bersekala nasional bahkan internasional.

Dia mengatakan, guna menyusun konsep Kampung Pangan Halal yang akan digelar 15 April di Kantor Gubernur Babel, MUI dan Pemprov akan mengumpulkan sekitar 300 Kapala Desa di Babel dan pengusaha UMKM. (nov/dbs/halalmui)

Responsive image
Other Article
Responsive image