:
:
News
Wisata Halal Riau Targetkan Kunjungan Empat Juta Wisatawan Mancanegara

gomuslim.co.id - Sepanjang tahun 2019, Kementerian Pariwisata menargetkan 4 juta wisatawan mancanegara (wisman) berkunjung ke Kepulauan Riau (Kepri). Menteri Pariwisata Arief Yahya di Radisson Hotel, Batam, Rabu (10/04/2019) mengatakan angka tersebut naik dari target rata-rata nasional sebesar 12 persen.

“Target Kepri 4 juta wisman, naik 25 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional 12 persen,” ujar Menpar.

Pihaknya akan turut menyokong sejumlah bantuan untuk mencapai target tersebut. Salah satu bantuannya adalah program Hot Deals yang telah berjalan dari tahun 2017. Untuk tahun ini, target penjualannya melebihi realisasi tahun lalu.

 

Baca juga:

Gubernur Riau Terapkan UU Wisata Halal dalam Pergub

 

“Kemenpar akan bantu salah satunya dengan program Hot Deals yang tahun lalu sukses terjual 700 ribu pax. Tahun ini tagetnya 1 juta pax,” papar Menpar.

Meski demikian, target tersebut sebenarnya belum maksimal untuk Kepri yang notabene memiliki potensi untuk menjaring wisman pelintas batas (crossborder) yang sangat besar. Untuk itu, Kemenpar akan memanfaatkan negara penyangga Indonesia, khususnya Singapura untuk menarik wisatawan membeli paket Hot Deals.

“Kedua program itu adalah menjaring wisatawan atau ekspatriat yang ada di Singapura membeli Hot Deals. Serta menjadikan Singapura sebagai hub, kita attracts ke Indonesia,” sambung Arief.

Berdasarkan skor IMTI 2019, Provinsi Riau dan Kepulauan Riau di posisi ke-3 dengan nilai skor 63. Sementara, ranking pertama diraih Lombok dengan skor 70 dan ke-2 yaitu Aceh meraih skor 66. Adapun empat kategori dalam penilaian IMTI 2019, yakni akses, komunikasi, lingkungan, dan pelayanan.

Menpar menargetkan tahun ini pariwisata halal mencapai 5 juta wisatawan mancanegara Muslim atau tumbuh dari posisi tahun lalu sebanyak 2,6 juta wisman Muslim, dengan realisasi hingga November 2018 mencapai 2,4 juta wisatawan Muslim. (nat/kompas/dbs/foto:ist)

Responsive image
Other Article
Responsive image