:
:
News
Bidik Pasar Negara Muslim, Sharp Indonesia Targetkan Kenaikan Ekspor

gomuslim.co.id – Negara-negara muslim menjadi bidikan sejumlah perusahaan untuk memasarkan produknya. Salah satunya adalah PT Sharp Electronics Indonesia yang menargetkan kenaikan ekspor dua kali lipat tahun ini. Target tersebut dilakukan menjelang 50 tahun kehadirannya di Indonesia pada 2020 mendatang.

CEO PT Sharp Electronics Indonesia (SEID), Tadashi Oyama mengatakan pihaknya akan memasarkan produk elektronik yang bernuansa Islam. "Kami akan uji coba ekspor beberapa kategori seperti lemari es halal, mesin cuci hijab, dan televisi azan, yang akan berguna untuk konsumen muslim," ujarnya, Rabu (10/4/2019).

Menurutnya, ketiga produk dengan nuansa Islam itu diproduksi dan didesain khusus untuk pasar Indonesia atau local fit. Di sisi lain, SEID melihat ada peluang ekspor produk tersebut ke negara-negara muslim di Asia, seperti Malaysia, Bangladesh, maupun negara-negara muslim di Afrika, dan Timur Tengah.

Ia menambahkan, Pemerintah Indonesia saat ini mendorong pelaku bisnis untuk meningkatkan ekspor guna mengatasi defisit neraca perdagangan. "Kami percaya populasi muslim tidak hanya di Indonesia, di dunia banyak. Kami berharap produk yang dikembangkan di Indonesia itu bisa diterima pada populasi muslim di negara lain," katanya.

Sementara itu, Senior GM Penjualan Nasional SEID, Andry Adi Utomo menyebutkan, selain mengikuti permintaan pemerintah untuk meningkatkan ekspor, pihaknya juga melihat ekspor sebagai jalan keluar untuk mempertahan atau bahkan meningkatkan kinerja perusahaan.

"Saat ini empat kategori produk utama Sharp yaitu lemari es, AC, mesin cuci, dan televisi telah menjadi nomor satu dalam penguasaan pasar. Untuk meningkatkan pasar lebih besar lagi, nampaknya tidak mungkin karena pemainnya banyak. Karena itu kami melihat peluang ekspor dinaikkan," ungkapnya.

Ia menjelaskan pada 2018 produk lemari es Sharp menguasai 27,8 persen pasar, AC 27,6 persen mesin cuci 25,7 persen, dan televisi 22,8 persen. "Karena itulah Pak Oyama minta kami perbesar ekspor dari 5-10 persen selama ini, jadi double, 20 persen," ujar Andry.

 

Baca juga:

Setelah Kulkas Halal, PT Sharp Indonesia Kini Hadirkan TV LED Pengingat Waktu Shalat

 

Karenanya, ia bersama tim dari divisi ekspor akan melakukan kunjungan dan kajian ke negara-negara yang diincar sebagai pasar produk Sharp Indonesia. "Kalau perlu, bila ada produk local fit dari negara itu, kami buat di Indonesia," katanya.

Sharp Indonesia juga menargetkan nilai penjualan tahun ini naik 10 persen dari sekitar Rp9 triliun pada tahun fiskal 2018 menjadi sekitar Rp10 triliun pada tahun fiskal 2019 dan Rp11 triliun pada tahun fiskal 2020 (Maret 2021).

"Indonesia merupakan basis produksi dan pasar yang penting bagi Sharp, serta memberi kontribusi bisnis Sharp terbesar di Asean," kata Head of President''s Office CEO Asean Business Sharp Corp, Yoshihiro Hashimoto.

Sebagai tambahan, Sharp Indonesia menghadirkan program bertajuk ‘50 Years Celebration: Kita Dekat, Kita Keluarga’. Selebrasi ulang tahun Sharp Indonesia akan berlangsung selama setahun sejak 10 April 2019 – 20 Maret 2020 serentak di seluruh Indonesia dalam payung program belanja ‘SHARP Lovers’ Day’ edisi ulang tahun.

Kemeriahan ulang tahun ditandai dengan hadirnya SHARP Mobile Display Truck (SMDT) yang akan menyambangi konsumen setia Sharp di lima pulau besar di Indonesia, yaitu Jawa, Bali, Kalimantan, Sumatera, hingga Sulawesi.

Truk keliling ini akan mengunjungi kota-kota hingga pelosok desa guna memperkenalkan produk-produk terbaru dari Sharp, selain menawarkan transaksi penjualan, truk ini pun akan melayani perbaikan produk hingga konsultasi mengenai penggunaan produk. (njs/antara/dbs/foto:liputan6)

 

Baca juga:

Kulkas Halal Jadi Perbincangan Netizen, Begini Penjelasannya

 

Responsive image
Other Article
Responsive image