:
:
News
Warga Muslim Fiji Resmi Buka Masjid Terbesar di Kota Lautoka

gomuslim.co.id - Di wilayah Pasifik Melanesia tepat di sebelah timur laut Selandia Baru, Muslim Fiji baru-baru ini merayakan pembukaan masjid terbesar di Fiji di kota pulau terbesar kedua di negara itu, Lautoka.

"Dengan memiliki Masjid seperti ini, generasi muda dibawa ke Masjid dan karena itu mereka diajarkan hal-hal yang baik. Seperti sangat jarang saat ini Anda akan menemukan orang-orang datang ke Masjid dan mereka akhirnya melakukan hal-hal salah yang tidak diizinkan dalam Islam. Jadi dengan memiliki Masjid di sini, itu akan mendidik anak-anak muda ketika mereka dewasa," kata anggota panitia, Nasir Khan, FBC News, Selasa, (09/04/2019).

Masjid baru di pantai Saweni melayani lebih dari empat ribu jemaah sekaligus. Bangunan tiga lantai, yang berharga sekitar USD 1,5 juta, telah dibangun di lokasi yang strategis untuk melayani keluarga miskin yang tidak dapat melakukan perjalanan jauh untuk berdoa.

Khan merujuk pada fakta bahwa meningkatnya populasi Muslim Fiji menuntut pembangunan masjid yang lebih besar. Kota Lautoka meliputi area seluas 16 km2 dengan populasi 52.220 menurut sensus 2007. Republik Fiji terdiri dari kepulauan lebih dari 830 pulau dengan luas total 18.300 km2 dengan ibukotanya sebagai kota Suva.

Manusia telah tinggal di Fiji sejak 2.000 SM — Austronesia pertama dan kemudian Melanesia, dengan beberapa pengaruh Polinesia. Orang Eropa mengunjungi Fiji sejak abad ke-17 dan seterusnya, dan setelah periode singkat sebagai kerajaan merdeka, Inggris menduduki antara 1874 dan 1970.

Untuk diektahui, Fiji adalah masyarakat campuran agama dengan 64,4% dari populasi adalah Kristen, tetapi dengan Hindu yang cukup besar di 27,9%, sementara Muslim mewakili 6,3% atau sekitar 62.534 individu.

Fiji memiliki banyak hari libur umum karena mengakui hari-hari khusus yang diadakan oleh berbagai agama, seperti Paskah dan Natal untuk orang-orang Kristen, Diwali untuk umat Hindu, dan Mawlid Nabawi untuk umat Islam.

 

Baca juga:

Bisa Tampung 60 Ribu Jamaah, Pemerintah Turki Akan Resmikan Masjid Terbesar 

 

Warga Lautoka Jadi Korban di Christchurch

Fiji melaporkan pada 18 Maret bahwa tiga warganya adalah di antara 50 martir Muslim yang terbunuh di Christchurch Massacre di Selandia Baru bulan lalu.

Salah satu dari tiga korban adalah syekh Hafiz Musa Patel yang adalah imam Masjid Lautoka Jame di Fiji selama sekitar 25 tahun sebelum bermigrasi ke Australia bulan lalu sebelum serangan teroris di Selandia Baru.

Liga Muslim Fiji menyatakan kesedihannya atas kematian imam yang digambarkan sebagai pria dan pemimpin yang penuh kasih dan perhatian yang tidak pernah melewatkan doa apa pun. Muslim Fiji sebagian besar Sunni sekitar 96,4% di mana mereka mengikuti sekolah yurisprudensi Hanafi, namun, ada minoritas kecil Ahmadiyah yang berjumlah 3,6%. (fau/fbc/dbs/foto:aboutislam)

 

Baca juga:

Masjid Ibrahim Venezuela Jadi Cermin Kerukunan Beragama di Amerika Latin

Responsive image
Other Article
Responsive image