:
:
News
Terima Hibah Tanah dari Pemkab Indramayu, Kemenag Bangun Asrama Haji

gomuslim.co.id - Kementerian Agama menerima hibah tanah dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Indramayu seluas tujuh hektar. Rencananya diatas tanah hibah tersebut akan dibangun Asrama Haji. Dengan demikian, jemaah haji daerah yang berdekatan dengan Asrama Haji Indramayu dapat diberangkatkan melalui Bandara Kertajati Indramayu.

Hibah tanah ini ditandai dengan penyerahan sertifikat oleh Kepala Badan Keuangan Daerah Kab. Indramayu, Rinto Waluyo, kepada Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Nizar, di Masjid Islamic Center Indramayu.

"Jadi nantinya, pemberangkatan jemaah haji tidak lagi perprovinsi tetapi berdasarkan zona terdekat dari embarkasi pemberangkatan. Tentunya ini akan meningkatkan keuntungan bagi Indramayu baik dari segi ekonomi dan transportasi," kata Nizar.

Menurut Nizar, pembangunan asrama haji rencananya akan dimulai pada 2020. Dengan luas tanah mencapai tujuh hektar, lahan tersebut nantinya bisa juga digunakan untuk membangun museum perhajian. Dengan begitu, masyarakat dapat mengetahui perjalanan dan perkembangan haji dari masa ke masa.

"Berdirinya museum perhajian ini akan memberikan nilai historis bagi masyarakat, terutama pelajar. Sehingga, mereka bisa memahami bahwa haji zaman dahulu itu butuh perjuangan dengan menaiki kapal laut selama 3 bulan. Begitu dahsyatnya perjalanan jihad seorang jemaah haji waktu itu," jelasnya.

Sebelumnya, Kabid Haji Kanwil Kemenag Jawa Barat Ajam melaporkan bahwa selain untuk pembangunan Asrama Haji, di atas tanah hibah ini juga akan dibangun masjid, rumah sakit, dan fasilitas lainnya untuk jemaah.

“Setelah pembangunan Asrama Haji selesai, Bandara Kertajati pun dapat dijadikan bandara pemberangkatan jemaah asal Kab. Indramayu dan sekitarnya," tutur Ajam. (nov/kemenag)

 

Responsive image
Other Article
Responsive image